img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Gaya HidupCara mengobati cacar air terbilang sulit-sulit mudah. Pasalnya, tidak ada obat untuk cacar air.

Namun, vaksin dapat mencegah sebagian besar kasus infeksi. Biasanya, begitu seseorang terkena infeksi, mereka hanya perlu menunggu prosesnya saat tubuh mereka mengatasinya.

Cacar air, atau dalam bahasa latin varicella, adalah virus yang umum dan sangat menular. Cacar air paling sering terjadi selama masa kanak-kanak, tetapi orang dewasa juga bisa terkena cacar air.

Infeksi cacar air umumnya sembuh dalam beberapa minggu, dan tubuh kemudian akan membuat kekebalan terhadap virus. Namun, gejala cacar air bisa sangat menjengkelkan saat infeksi aktif.

Gejala utama cacar air adalah ruam yang menghasilkan luka merah, mirip dengan lecet, yang menyebar ke seluruh kulit. Ruamnya gatal dan kadang-kadang menyakitkan, dan semakin parah ketika seseorang menggaruknya.

Gejala cacar air biasanya muncul dalam waktu sekitar dua hingga tiga minggu setelah seseorang melakukan kontak dengan virus tersebut. Gejala cacar air yang paling umum meliputi:

  • Ruam kulit merah yang biasanya sangat gatal dan tidak nyaman. Ruam biasanya terbentuk di wajah, kulit kepala, dada, punggung dan, pada tingkat lebih rendah, pada lengan dan kaki. Biasanya ruam cacar air akan aktif selama sekitar lima hari sebelum lepuh terisi cairan, pecah, dan kemudian membentuk koreng.
  • Demam yang biasanya berlangsung di bawah lima hari dan dapat menimbulkan gejala seperti leher kaku, mual, nyeri tubuh, dll.
  • Sakit perut dan kehilangan nafsu makan.
  • Sakit kepala.
  • Kelelahan, gelisah (malaise) dan lesu.
  • Terkadang batuk kering dan sakit tenggorokan.

Namun, banyak pengobatan rumahan yang dapat membantu meredakan gejala cacar air dan mencegah orang memetik luka. Pengobatan rumahan dapat membantu mengatasi gejala tertentu dan membuat proses penyembuhannya lebih tidak menganggu.

Banyak orang dengan cacar air akan mengeluh gatal terus-menerus yang terkait dengan virus. Gejala ini sangat sulit bagi anak-anak, karena mereka mungkin tidak mengerti bahwa penting untuk tidak menggaruknya.

Nah bagaimana cara ampuh untuk pengobatan cacar air? Simak terus sampai habis artikel di bawah ini.

1. Jangan Garuk Kulit yang Gatal

Freepik
Foto : Freepik

Ini adalah aturan pertama pengobatan cacar air. Hal terbaik yang harus dilakukan ketika ruam cacar air dalam proses penyembuhan adalah menghindari menggaruk kulit sebanyak mungkin.

Mencongkel atau menggaruk ruam cacar air sebenarnya dapat memperburuk ruam, memperpanjang gejala, berpotensi menyebabkan infeksi, dan berpotensi pada peningkatan keropeng dan jaringan parut pada kulit. Beberapa orang memilih untuk mengenakan sarung tangan di atas tangan mereka.

Atau kamu bisa pakaikan sarung tangan pada anak-anak jika mereka mengalami ruam. Hal ini untuk mencegah tanpa sadar menggaruk kulit mereka saat mereka tidur.

2. Kompres Air Dingin atau Es

Foto :

Saat kulit menjadi sangat gatal, bengkak atau merah, tempelkan kompres dingin dan lembab ke kulit sepanjang hari sebagai pengobatan dasar cacar air. Gunakan kain alami seperti katun dan hindari meletakkan es atau panas tinggi langsung pada kulit.

3. Berendam dengan Oatmeal

Freepik
Foto : Freepik

Kamu dapat mengurangi kekeringan dan gatal pada kulit yang terkait dengan cacar air dengan menjaga kelembapan kulit. Penenang kulit alami bisa didapat dari oatmeal.

Oatmeal memiliki banyak sifat menenangkan alami dan membantu meredakan semua jenis iritasi kulit. Iritasi termasuk dermatitis kontak dan penyebab gatal lainnya.

Cobalah mandi air hangat (tetapi tidak terlalu panas) sekali atau bisa lebih, setiap hari. Kamu bisa tambahkan oatmeal mentah atau oatmeal koloid (oat yang digiling halus yang membentuk bubuk untuk digunakan berendam) untuk meredakan gatal.

Baca petunjuk untuk mengetahui berapa banyak oatmeal koloid yang terbaik untuk digunakan. Berendamlah di bak mandi selama 10 hingga 15 menit (atau bisa lebih). Pilihan pengobatan cacar air lainnya adalah dengan mengoleskan krim atau losion oatmeal koloid topikal langsung ke kulit Anda.

4. Mengoleskan Soda Kue

Freepik
Foto : Freepik

Soda kue adalah bahan murah yang tersedia secara luas yang dikenal memiliki sifat anti-gatal dan membantu menenangkan peradangan kulit. Ini dapat membantu menetralkan asam yang ada di kulit dan mengurangi iritasi akibat ruam.

Soda kue dapat dioleskan dalam jumlah kecil pada kulit yang gatal, tetapi tidak boleh digunakan jika kulit rusak, mentah atau berdarah. Mulailah dengan menambahkan sekitar 1 sendok teh soda kue ke dalam sedikit air hangat, lalu mengoleskannya ke kulit dengan kain.

Biarkan larutan mengeras dan kering. Yang terbaik adalah menguji sebagian kecil kulit Anda terlebih dahulu untuk memastikan itu tidak menimbulkan reaksi menyakitkan atau gejala yang memburuk.

5. Mengoleskan Madu

Pinterest
Foto : Pinterest

Madu mentah adalah bahan lain yang sangat bermanfaat bagi kulit, membantu menenangkan peradangan, mengurangi risiko jaringan parut, dan mempercepat penyembuhan. Namun kamu harus memilih madu segar yang berkualitas tinggi yang belum diproses dan dipanaskan pada suhu tinggi, untuk memastikan bahwa bahan aktifnya masih utuh.

Untuk menggunakan madu pada ruam cacar air, oles area kulit yang terinfeksi dengan lapisan tipis madu hangat dan biarkan hingga kering. Biarkan madu meresap ke dalam kulit setidaknya selama 15 menit. Kamu dapat melakukan ini dua hingga tiga kali sehari.

6. Mengoleskan Cuka Apel

www.freepik.com/mdjaff
Foto : www.freepik.com/mdjaff

Namun bahan lain yang menurut sebagian orang efektif untuk mengurangi gatal dan bengkak pada kulit adalah cuka sari apel mentah (ACV). Kamu dapat menambahkan sekitar 1 cangkir ACV ke dalam bak mandi.

Cara lain adalah menggunakan sekitar 2-3 sendok makan yang dicampur ke dalam segelas air yang kamu oleskan pada kain dan kemudian oleskan dengan lembut ke kulit. Berhati-hatilah agar Anda tidak pernah mengoleskan ACV ke kulit yang rusak atau kulit dalam kondisi luka terbuka.

7. Kompres Teh Chamomile

Freepik
Foto : Freepik

Teh chamomile juga dapat menenangkan area cacar air yang gatal. Chamomile memiliki efek antiseptik dan anti-inflamasi saat dioleskan ke kulit Anda.

Seduh dua hingga tiga kantong teh chamomile dan biarkan dingin atau masukkan ke dalam bak mandi air hangat. Kemudian, celupkan kapas lembut atau waslap ke dalam teh dan oleskan ke area kulit yang gatal. Setelah selesai mengoleskan kompres, tepuk kulit dengan lembut hingga kering.

Nah itu dia tadi cara mengobati cacar air yang terbukti ampuh. Sementara sebagian besar kasus cacar air akan hilang seiring waktu

Namun, kamu juga harus waspada, ada kalanya harus cek ke dokter.Terkadang dokter Anda mungkin merekomendasikan obat antivirus untuk mengurangi durasi cacar air. Segera hubungi dokter jika:

  • Jika anak di bawah usia 1 dan memiliki virus
  • Jika anak memiliki riwayat sistem kekebalan yang lemah atau immunocompromised karena penyakit kronis atau kanker
  • Jika anak mengalami demam lebih dari 39°C atau jika demamnya berlangsung lebih dari empat hari atau hilang selama lebih dari 24 jam dan kemudian kembali lagi
  • Jika anak mengalami leher kaku, kebingungan, masalah pernapasan, atau ruam yang berdarah. (hij)
Topik Terkait