img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup Niat sholat witir hendak lah dibaca pada awal mula sholat. Sholat witir sendiri merupakan sholat yang sifatnya sunnah dan dijalankan di antara waktu isya hingga subuh.

Keutamaannya sangat banyak jadi sangat baik seorang muslim untuk mengerjakannya secara rutin. Namun begitu, agar lebih afdal, alangkah baiknya mengetahui niat sholat witir. Yuk terus scroll!

1. Niat Sholat Witir 1 Rakaat

Pinterest
Foto : Pinterest

اُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَ

Ushalli sunnatal witri rak'atan mustaqbilal qiblati adā'an lillāhi ta'ālā.

Artinya: "Aku niat salat sunnah witir satu rakaat karena Allah ta'ala."

2. Niat salat witir 2 rakaat

Pinterest
Foto : Pinterest

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلىَ

Ushallii sunnatal minal witri rak'ataini lillaahhi ta'aalaa.

Artinya: "Aku niat salat sunnah witir 2 rakaat karena Allah ta'ala."

3. Niat salat witir 3 rakaat

Pinterest
Foto : Pinterest

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka'âtin mustaqbilal qiblati adâ'an lillâhi ta'âlâ.

Artinya: "Aku niat salat sunnah witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah ta'ala."

Keutamaan Salat Witir

Pinterest
Foto : Pinterest

1. Waktu Mustajab untuk Berdoa

Salah satu keutamaan sholat witir yang adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sebab, malam hari setelah menunaikan sholat witir, maka jiwa akan terasa lebih dekat dengan Allah SWT. Saat itu, Allah akan mendengar segala keluh kesah dan harapan umat-Nya.

2. Disaksikan Malaikat

Shalat witir yang dilaksanakan di penghujung malam disaksikan oleh malaikat dan malaikat tentunya kana memebawa berkah dan ikut mendoakan kita kepada Allah SWT. Hal tersebut dijelaskan dalam hadits berikut ini yang diriwayatkan oleh imam Muslim

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حَفْصٌ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ خَافَ أَنْ لَا يَقُومَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوتِرْ أَوَّلَهُ وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُومَ آخِرَهُ فَلْيُوتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ فَإِنَّ صَلَاةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُودَةٌ وَذَلِكَ أَفْضَلُ و قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ مَحْضُورَةٌ

“ Telah menceritakan kepada kami (Abu Bakr bin Abu Syaibah) telah menceritakan kepada kami (Hafsh) dan (Abu Mu’awiyah) dari (Al A’masy) dari (Abu Sufyan) dari (Jabir) ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

3. Mencegah Perbuatan Dosa

Manfaat sholat witir yang terahir adalah mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Rutin mengerjakan sholat witir akan menambah keimanan seseorang kepada Allah. Sehingga seseorang akan merasa selalu dekat dengan Allah di manapun berada.

Jika seseorang dekat dengan Allah, maka ia memiliki tameng yang kuat untuk menjalankan tuntunan agama dalam kehidupan sehari-hari.

4. Anjuran Rasulullah SAW

Dari Abu Hurairah radhiyallahu Anhu berkata,

“Kekasihku Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam memberi wasiat kepada ku agar aku berpuasa tiga hari setiap bulan, mendirikan shalat Dhuha 2 rakaat, dan shalat Witir sebelum aku tidur.” (Hadits Riwayat Bukhari).

5. Diberi Petunjuk oleh Allah

Orang yang melaksanakan shalat witir akan senantiasa merasa kuat dalam menghadapi cobaan di dunia ini dan doanya akan senantiasa di dengar oleh Allah SWT. Allah SWT senantiasa memberi petunjuk bagi umatnya yang menjalankan perintahnya serta melakukan apa yang dia cintai.

Pada saat shalat witir, ada doa qunut yang bisa kita baca sebagai permohon petunjuk dan keselamatan kepada Allah SWT. Berikut adalah doa qunut yang bisa dibaca saat melaksanakan shalat witir

اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّيْ وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكَافِرِيْنَ مُلْحِقٌ،
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ، وَنَسْتَغْفِرُكَ، وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ، وَلاَ نَكْفُرُكَ، وَنُؤْمِنُ بِكَ، وَنَخْضَعُ لَكَ، وَنَخْلَعُ مَنْ يَكْفُرُكَ

“Ya Allah, kepada-Mu kami beribadah, untuk-Mu kami melakukan shalat dan sujud, kepada-Mu kami berusaha dan bersegera (melakukan ibadah). Kami mengharapkan rahmat-Mu, kami takut kepada siksaan-Mu. Sesungguh-nya siksaan-Mu akan menimpa pada orang-orang kafir. Ya Allah, kami minta pertolongan dan memohon ampun kepada-Mu, kami memuji kebaikan-Mu, kami tidak ingkar kepada-Mu, kami beriman kepada–Mu, kami tunduk kepada-Mu dan meninggalkan orang-orang yang kufur kepada-Mu.”

6. Agar Dicintai Allah

Allah sangat menyukai sesuatu yang ganjil karena Allah adalah satu. Sebagaimana rakaat shalat witir yang ganjil, dan witir merupakan salah satu ibadah yang dicintai Allah. Sebagaimana yang disebutkan dalam haduts Rasulullah SAW berikut ini

نَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ

“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”

Sebagai hamba Allah yang beriman (baca manfaat beriman kepada Allah SWT) dan bertaqwa tentunya kita sebagai umatnya juga akan mencintai apa yang di cintai oleh Allah dan berusaha untuk melaksanakan segala perintahnya termasuk menjalankan shalat witir.

7. Lebih Baik dari Unta Merah

Hadits menyebutkan bahwa keutamaan shalat witir adalah lebih baik dari unta merah. Hal ini berarti bahwa shalat witir yang dikerjakan bernilai lebih besar dari nilai seekor unta merah terutama bila dikerjakan sebelum waktu shalat subuh datang. Berikut hadits yang menyebutkan keutamaan tersebut

حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَاشِدٍ الزَّوْفِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي مُرَّةَ الزَّوْفِيِّ عَنْ خَارِجَةَ بْنِ حُذَافَةَ قَالَ أَبُو الْوَلِيدِ الْعَدَوِيُّ خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ أَمَدَّكُمْ بِصَلَاةٍ وَهِيَ خَيْرٌ لَكُمْ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ وَهِيَ الْوِتْرُ فَجَعَلَهَا لَكُمْ فِيمَا بَيْنَ الْعِشَاءِ إِلَى طُلُوعِ الْفَجْرِ

“Telah menceritakan kepada Kami (Abul Walid Ath Thayalisi) dan (Qutaibah bin Sa’id) dari (Kharijah bin Hudzafah), Abu Al Walid Al Adawi berkata; Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah shalat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu shalat witir, dan telah menjadikannya berada diantara shalat Isya hingga terbit fajar.” (HR Abu dawud)

Tata Cara Salat Witir

Pinterest
Foto : Pinterest

Adapun tata cara sholat witir sebagai berikut:

  • Takbiratul Ihram
  • Membaca surat Al Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan surat pendek di rakaat pertama
  • Melakukan rukuk
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud
  • Setiap rakaat dilakukan dengan cara yang sama, dan surat pendek yang dibaca juga dapat berupa Al Ikhlas, Al Falaq, dan yang lainnya.

Itu dia niat sholat witir serta keutamaan dan tata caranya. Semoga kita semua senantiasa dilindungi oleh Allah. (rth)

Topik Terkait