img_title
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

IntipSeleb Gaya Hidup – Di Indonesia HPV (Human Papilloma Virus) tak hanya menyerang wanita saja. Laki-laki pun bisa kena virus tersebut.

Oleh karena itu, kenali faktor risiko infeksi HPV pada laki-laki? Penasaran? Simak ulasan di bawah ini!

Kenali Faktor Risiko Infeksi HPV

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Saat jumpa pers, dokter spesialis kandungan dan ginekologi, Dr.dr. Cindy Rany SpOG-KFER membahas mengenai soal HVP. Ia pun menjelaskan beberapa faktor risiko infeksi HPV pada laki-laki.

Diantaranya banyak patner seks, tidak disunat, pasangan seks yang menderita CIN, memiliki pasangan seks baru, sejarah ST dan memiliki hubungan seks anal dengan laki-laki (gay). Tak hanya itu, riwayat merokok pun bisa menjadi faktor risiko infeksi HPV.



Dalam keterangannya. HPV sendiri merupakan penyebab dari berbagai macam kanker. Kendati demikian HVP tipe 16 dan 18 penyebabnya lebih 75% kanker serviks di dunia.

"100% menyebabkan kanker serviks, 100% kutil kelamin, 80+% bisa menyebabkan kanker Anal, 60% sampai 90% kanker vagina, 12-70% bisa menyebabkan kanker Orofaring, 45% persen menyebabkan kanker Penis, dan 40% menyebabkan kanker Vulva," tulis dokter Cindy dalam presentasinya, dikutip Intipseleb, Rabu, 2 November 2022.

Diketahui, tipe kanker untuk risiko tinggi yakni, 16,18,31, 33, 45 ,52,58. Sementara, untuk tipe non kanker rendah 6 dan 11, selain itu 40 tipe menyerang jenis kelamin dan anus.

Maka dengan begitu, tanpa anda sadari. 8 dari 10 perempuan dan pria bisa akan terinfeksi HPV.

HPV bisa menular melalui rute seksual maupun non seksual. Salah satunya kontak genital, seperti hubungan senggama, genital dan genital, manual dan genital, oral dan genital.

"15% penularan HPV dapat terjadi melalui rute non seksual (misalnya vertikal dari ibu ke bayinya dan dapat menyebabkan RRP (Reccurent Respiratory Papillomatosis," tulis dokter Cindy.

Cara Melawan HPV

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati
Topik Terkait