img_title
Foto : Organics.ph

IntipSeleb Gaya Hidup – Manfaat kangkung itu sangat beragam. Tanaman kangkung memiliki batang yang halus dan berongga mirip dengan selada air, oleh karena itu disebut sebagai sayuran bertangkai berongga (Kung Shin Tsai) di Cina. Daunnya yang hijau, berbentuk mata panah (lanset) dengan lebar bervariasi dari 2,5 hingga 8 cm.

Sebagian besar kangkung dapat dimakan, biasanya pucuk dan daunnya yang biasa dikonsumsi karena manfaat nutrisinya. Dengan kelimpahan air, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan mineral penting lainnya, kangkung dapat dikonsumsi mentah atau dimasak loh.

Untuk membantu kamu mengetahui lebih banyak tentang kangkung dan banyak manfaatnya, IntipSeleb telah merangkum semua manfaatnya di satu tempat! Baca terus untuk mengetahui bagaimana kangkung dapat membantu memperbaiki kulit, rambut, dan kesehatan kamu secara keseluruhan!

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

zliving.com
Foto : zliving.com

Semua sayuran berdaun hijau tua dikemas dengan nutrisi, tanpa terkecuali kangkung. Daun kangkung yang hijau itu sangat bergizi, karena mengandung banyak vitamin dan mineral untuk tubuh. Mereka adalah sumber serat makanan, protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C yang sangat baik yang merupakan bukti dari berbagai manfaat kangkung bagi kesehatan di bawah ini:

1. Mengurangi Kolesterol

Sayur kangkung itu bisa jadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Penelitian yang diuji coba pada tikus telah membuktikan bahwa konsumsi kangkung telah mengakibatkan penurunan kadar kolesterol serta Triglikosida. Dengan demikian, sayuran ini memiliki peran utama dalam penurunan kadar kolesterol pada manusia.

2. Pengobatan Penyakit Kuning dan Masalah Hati

Kangkung telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Dalam sebuah penelitian, menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kangkung itu memberi perlindungan terhadap kerusakan hati akibat bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasi; sifat antioksidan dan penangkal radikal bebas.

3. Berguna dalam mengobati Anemia

Kangkung sangat kaya dengan kandungan zat besi, sehingga daun kangkung muda sangat bermanfaat bagi penderita anemia dan ibu hamil. Seperti diketahui, mereka sangat membutuhkan zat besi dalam makanannya. Di mana, zat besi ini berfungsi sebagai mineral yang dibutuhkan sel darah merah dalam tubuh untuk membentuk hemoglobin.

4. Pengobatan Gangguan Pencernaan dan Sembelit

Manfaat kangkung lainnya adalah memperlancar pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi membantu pencernaan, memberikan bantuan dari berbagai gangguan pencernaan secara alami. Sifat pencahar ringannya bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

Kamu bisa coba jus kangkung jika sedang mengalami sembelit untuk meredakannya. Sayuran ini juga bisa dipakai dalam pengobatan infestasi cacing usus. Kangkung mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

5. Anti Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat kangkung jika dikonsumsi secara teratur membantu mengembangkan resistensi terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh diabetes. Hal ini juga digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

6. Perlindungan terhadap Penyakit Jantung

Ada sejumlah nutrisi penting dalam kangkung seperti vitamin A dan C serta konsentrasi beta-karoten yang tinggi. Nutrisi tersebut berperan sebagai antioksidan untuk meredam radikal bebas dalam tubuh, sehingga manfaat kangkung yang lain adalah mencegah kolesterol teroksidasi. Di mana, seperti diketahui kolesterol teroksidasi menempel pada dinding pembuluh darah, menyebabkan kondisi-kondisi berbahaya seperti arteri tersumbat, serangan jantung, atau stroke.

Selain itu, adala kandungan dalam kangkung yang membantu mengubah bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang dalam kadar tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke, yaitu folat. Magnesium adalah mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung juga.

7. Pencegahan Kanker

Dipenuhi dengan 13 jenis senyawa antioksidan yang berbeda, kangkung adalah makanan yang sempurna untuk pencegahan kanker. Antioksidan ini diketahui dapat menghilangkan radikal bebas dari tubuh, sehingga mengubah kondisi di mana sel kanker berkembang biak dan memperkuat lingkungan sel alami. Sayuran ini dikatakan paling bermanfaat dalam mencegah kanker kolorektal dan perut serta kanker kulit dan payudara.

8. Bermanfaat untuk Mata

Kangkung meningkatkan kesehatan mata. Kok bisa? Karena kandungan karotenoid, vitamin A dan lutein yang tinggi di dalamnya. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan mata. Kangkung juga meningkatkan kadar glutathione, yang berperan penting dalam mencegah katarak.

9. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Gudangnya berbagai nutrisi, maka sayuran berdaun hijau kangkung ini adalah alternatif lain untuk cara murah dan alami dalam meningkatkan kekebalan tubuh dibandingkan dengan suplemen vitamin C. Konsumsi sayuran berdaun hijau ini secara teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan mendorong perkembangan tulang yang sehat. Selain itu kehebatan lain dari kangkung adalah bisa menetralkan dan menghilangkan racun.

10. Manfaat Lainnya

Selain manfaat yang diberikan di atas, kangkung juga efektif untuk mengobati maag, nyeri haid, sakit gigi, melancarkan buang air kecil, mimisan, dll. Bagi kamu penderita insomnia atau sulit tidur, manfaat kangkung yang bisa kamu dapatkan adalah menjadi obat penenang. Di mana, selenium dan seng di dalam kangkung membuat saraf lebih rileks, sehingga membantu dalam tidur nyenyak.

Manfaat Kangkung untuk Kulit

navbharattimes.indiatimes.com
Foto : navbharattimes.indiatimes.com

11. Meremajakan Kulit

Tahu tidak, kalau tunas kangkung itu bisa dipakai sebagai tapal untuk mengobati penyakit kulit? Ya, kangkung bisa mengobati penyakit kulit di kaki seperti kurap, kaki atlet dll. Selain itu, pencegahan kanker kulit, pengobatan jerawat, eksim dan psoriasis juga bisa dibantu dengan manfaat sayuran ini.

12. Manfaat Anti Penuaan

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung kaya akan antioksidan kimia yang mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel dalam tubuh, membuat sel-sel kulit lebih tahan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari dan meminimalkan kerutan secara signifikan. Dengan cara ini, konsumsi sayuran kangkung secara teratur dapat mencegah dan membalikkan penuaan.

13. Pengobatan Penyakit Kulit

Manfaat kangkung untuk kulit itu sudah dikenal sejak lama. Kangkung menyimpan kandungan super mulai dari vitamin A, vitamin C, karotenoid, dan lutein yang hebat. Ini jelas sangat membantu menjaga kulit bercahaya dan sehat karena semua mineral tersebut sangat penting untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

Manfaat Kangkung Bagi Rambut

freepik.com
Foto : freepik.com

14. Seperti yang kita semua tahu, nutrisi yang tepat merupakan prasyarat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Nah, beragam nutrisi yang terkandung dalam kangkung sangat bermanfaat untuk rambut kita. Apalagi untuk masalah klise seperti pertumbuhan rambut dan kerontokan rambut bisa diatasi dengan jus kangkung selain dapat meningkatkan kualitas dan tekstur rambut kamu.

Kangkung dapat ditambahkan ke kari, salad, dan smoothie. Kamu bisa membuat minuman yang menggabungkan jus kankung dan selada untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Kalau kamu mau coba, berikut IntipSeleb miliki resep kangkung yang sehat dan enak!

  1. Cuci kangkung dan daun selada dengan benar. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan daun kubis sebagai pengganti selada. Iris lemon dan masukkan ke dalam juicer bersama dengan daunnya.
  2. Giling daun dalam mixer atau penggiling dan tempatkan campuran dalam saringan untuk memeras jus.
  3. Kamu dapat meningkatkan rasa minuman ini dengan menambahkan jus lemon atau rempah-rempah. Lada hitam lebih disukai karena bermanfaat untuk rambut kamu selain memberikan rasa pedas pada minuman.
  4. Sebaiknya, kamu minum segelas jus kangkung setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Itulah dia aneka ragam manfaat kangkung baik untuk kesehatan, kulit atau pun rambut. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait