img_title
Foto : Gmaps/Ardina

IntipSeleb Gaya HidupDanau Maninjau merupakan salah satu tempat wisata yang juga Danau terbesar kedua di Sumatra Barat. Tempat ini juga merupakan kebanggaan masyarakat Sumatra Barat, terkhusus wilayah Kabupaten Agam. Danau ini berlokasi di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat.

Saat sedang berada di daerah Sumatra, kamu bisa mempertimbangkan untuk datang ke Danau yang satu ini. Dengan pemandangan alam yang luar biasa indah, kamu akan dibuat rehat sejenak dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Kawasan yang masih sangat asri akan membuat anda dimanjakan dengan pemandangan air danau. Belum lagi pepohonan di kanan kiri yang hijau nan sejuk. Kira-kira ada hal menarik apa saja, ya dari Danau Maninjau? Untuk mengetahuinya, yuk intip lebih lanjut mengenai informasi yang telah dirangkum oleh Tim IntipSeleb berikut ini.

Danau Maninjau

gmaps/Ardina
Foto : gmaps/Ardina

Kata ‘Maninjau’ kalau diartikan, berarti ‘Pemandangan’ atau ‘Peninjauan’. Danau ini luas 99 km persegi, jadi tak heran jika Danau ini diberi gelar sebagai Danau terbesar kedua di Sumatra Barat setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 107,8 km persegi. Lantas jika disejajarkan dengan deretan Danau terluas di Indonesia, Danau Maninjau masuk ke urutan 11.

Danau Maninjau diperkirakan telah terbentuk sejak 52.000 tahun yang lalu akibat letusan gunung berapi. Meski termasuk ke dalam danau vulkanik, danau ini berada di ketinggian 461,150 meter dari permukaan laut.

Danau ini memiliki kedalaman rata-rata 105 meter, dengan kedalaman maksimum yaitu 165 meter. Sementara itu, sejak tahun 1983, masyarakat Sumatra Barat telah memanfaatkan area perairan ini untuk Pembangkit Listrik Tanaga Air (PLTA).

Jika anda berasal dari daerah Bukittinggi dan hendak datang ke lokasi ini, anda perlu melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau.

Daya Tarik Danau Maninjau

gmaps/Nabil Syah Jeni
Foto : gmaps/Nabil Syah Jeni

Setelah mengetahui sejarah singkat dan gambaran mengenai Danau Maninjau, kini beralih ke daya tarik yang ditawarkan oleh tempat wisata ini. Penasaran ada apa saja? Yuk intip deretannya berikut ini.

1. Bukit Puncak Lawang

gmaps/Khalfian Rhapsody
Foto : gmaps/Khalfian Rhapsody

Di sekitaran kawasan Danau Maninjau terdapat bukit-bukit tinggi yang salah satunya dikenal dengan nama Puncak Lawang. Bukit ini menjadi salah satu pesona dari keberadaan Danau Maninjau. Di sini wisatawan bisa datang melihat secara bebas bagaimana keindahan Danau yang indah dari ketinggian.

Rerumputan hijau dan suasana yang asri akan membuat anda betah berlama-lama. Belum lagi ada area bermain anak yang bikin anak-anak bebas bermain kesana-kemari. Seperti kebanyakan orang yang suka mengejar sunset atau sunrise, di sini kamu pun bisa mendapat spot terbaik menikmati hal tersebut.

Untuk masuk ke area puncak Lawang, anda akan dikenakan tarif Rp10.000 per orang. Dan jika memarkirkan kendaraan di sekitaran lokasi, akan dikenakan tarif Rp20.000 untuk motor dan Rp50.000 untuk mobil.

Di sore hari, kamu bisa melihat bagaimana detik-detik matahari yang kian tenggelam di ujung air danau dengan meninggalkan warna jingga di sekitarnya. Di sini juga menyediakan berbagai area penginapan bagi anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Maninjau. Belum lagi ada banyak pula wisatawan yang melakukan paralayang dan melewati kawasan Danau Maninjau.

Belum lagi ada Camping Ground yang bisa kamu coba bersama dengan teman atau keluarga kamu. Dijamin, pengalaman liburan kamu akan semakin seru dan menyenangkan!

2. Acara Festival

gmaps/Suci Astafrina
Foto : gmaps/Suci Astafrina

Menjadi salah satu tempat wisata, banyak pula aneka festival yang kerap kali digelar. Belum lama ini digelar pula festival khas masyarakat Minang yang digelar selama 3 malam. Di malam festival itu, perahu hingga rakit dihias sedemikian rupa dengan lampur warna warni yang menyala indah di tengah kegelapan.

Belum lagi ada festival kuliner yang tentunya akan menyajikan aneka makanan khas masyarakat Sumatra Barat. Namun tak perlu menunggu saat festival kuliner saja. Pada dasarnya, ada banyak pula warung dan tempat-tempat yang menjual aneka ragam kuliner yang bisa kamu coba saat berkesempatan berkunjung.

3. Cocok untuk Tempat Mancing

gmaps/Prima Wahyudi
Foto : gmaps/Prima Wahyudi

Danau maninjau rupanya juga menjadi salah satu tempat yang cocok untuk para wisatawan yang gemar mancing nih. Dengan pemandangan indah, aktivitas memancing tentunya akan semakin seru. Anda bisa membawa alat pancing sendiri serta kursi lipat kecil untuk duduk. Sembari menunggu tanggapan, bisa sambil mengobrol dengan teman atau kerabat terdekat. Wah, seru banget, ya.

Kalau beruntung, kamu bisa lho dapat ikan nila hingga lobster. Masyarakat sekitar juga mulai memanfaatkan lokasi ini untuk dijadikan keramba ikan.

4. Spot Foto

gmaps/Meta Nur rizki
Foto : gmaps/Meta Nur rizki

Berwisata tak pernah lengkap jika tak mengabadikannya dalam jepretan gambar ya. Nah, dengan pemandangan alam yang asri dan indah, kamu bisa manfaatkannya dengan menjadikannya spot berfoto. Kalau punya kamera DSLR, akan semakin bagus untuk mengasah keterampilan memotret anda.

Atau, anda juga bisa mengabadikan momen saat matahari terbenam. Dengan mengambil gambar siluet kehitamanan dengan dominasi warna sekitar berwarna jingga, kamu bisa bikin hasil jepretan kamu jadi lebih bagus.

5. Pemandangan Alam

gmaps/Yudhistira A
Foto : gmaps/Yudhistira A

Seperti yang telah disebutkan di atas, Danau Maninjau memiliki ragam pemandangan alam yang luar biasa indah. Kawasannya yang seolah tak tersentuh dengan era modernisasi, membuat tempat ini terasa asri. Belum lagi beberapa bangunan masih mempertahankan bentuknya seperti zaman dahulu.

Dijamin, suasana yang akan kamu dapatkan di sini akan terasa berbeda saat kamu mengunjungi tempat lainnya. Ada banyak spot yang dianggap sebagai tempat terbaik untuk melihat pemandangan Danau Maninjau, salah satunya adalah kelok 44.

Saat kamu dari arah Bukit Tinggi dan hendak ke tempat ini, maka perlu melewati area kelok 44. Di sinilah, meski jalannya yang berliku, kamu bisa melihat betapa cantiknya danau kebanggaan warga Sumatra Barat ini. Kendati begitu, perlu berhati-hati apabila melewati jalan ini.

Sebab, jalannya yang berliku membuat kawasan ini menjadi rawan. Namun jika memang ingin menikmati pemandangan sekitar di daerah Kelok 44, kamu juga bisa mampir ke rest area lokal yang banyak dijadikan tempat beristirahat para wisatawan yang hendak datang.

Harga Tiket dan Jam Buka Danau Maninjau

gmaps/Prima Wahyudi
Foto : gmaps/Prima Wahyudi

Untuk kamu yang ingin datang ke Danay Maninjau, kamu bisa datang kapanpun kamu bisa. Sebab, tempat wisata ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Jadi jika tak bisa datang di akhir pekan, anda juga bisa datang ke tempat ini di hari biasa.

Untuk biasa masuknya dikenakan biaya Rp3 ribu saja per orang. Jika membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor. Cukup pas di kantong untuk anda yang ingin liburan dengan budget minim.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Danay Maninjau. Jika sedang berkesempatan datang ke daerah Sumatra, boleh anda meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Melihat secara langsung betapa besar dan mengagumkannya danau terbesar di Sumatra ini akan menciptakan pengalaman baru bagi anda.

Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur! (jra)

Topik Terkait