img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupMinyak kemiri dikenal memiliki sejuta banyak manfaat baik untuk kesehatan baik untuk kecantikan. Bahan tradisional ini sudah sejak dahulu dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Selain dipergunakan untuk bumbu masakan dan menambah citarasa masakan. Ternyata kemiri atau minyaknya memiliki berbagai manfaat yang bagi kesehatan ataupun kecantikan wajah hingga rambut.

Disinyalir bahwa kemiri mengandung senyawa seperti; asam lemak linoleat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, hingga dipercaya mampu menutrisi dan mencegah kerusakan rambut.

Karena hal itu, banyak masyarakat memperdaya dan terbukti menggunakan kemiri dipergunakan untuk rambut.

Minyak kemiri atau candlenut oil merupakan minyak yang berasal dari biji kemiri (Aleurites moluccanus) yang juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Lantas, minyak kemiri selain bermanfaat untuk rambut, apa sajakah manfaat minyak kemiri? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Kandungan Minyak Kemiri

Pinterest
Foto : Pinterest

Dilansir Intipseleb dalam media World Today News, bahwa minyak kemiri ternyata dikenal kaya akan nutrisi dan memiliki vitamin, antioksidan dan berbagai lemak sehat.

Ternyata minyak ini berasal dari biji kemiri (Aleurites moluccanus). Untuk kandungan utama yang terdapat pada minyak ini adalah terkandung dari asam lemak antara lain; asam linolenat, asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, dan asam stearat.

Tak hanya itu, minyak dalam kemiri ini juga mengandung vitamin E yang bersifat antioksidan, meski kadarnya relatif sedikit. Apa saja kandungan dari minyak kemiri? Yuk, lihat artikel selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Minyak Kemiri

Pinterest
Foto : Pinterest

Kemiri atau minyaknya ternyata memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan ataupun kecantikan. Lantas seperti apa saja kandungan manfaat minyak kemiri? Yuk, scroll artikel di bawah ini selengkapnya!

1. Rambut Rontok

Pinterest
Foto : Pinterest

Minyak kemiri memiliki manfaat untuk rambut salah satunya untuk rambut yang mengalami kerontokan. Manfaat kemiri untuk rambut ini ternyata tidak lagi menjadi rahasia umum.

Karena ternyata minyak kemiri memiliki nutrisi yang baik untuk rambut. Hal ini disinyalir dari sebuah studi yang menyebutkan bahwa minyak kemiri memiliki berbagai kebaikan untuk rambut antara lain; memperkuat akar rambut, membuat rambut lebih lembut, mencegah rambut kusut, membuat rambut tampak lebih bercahaya, dan mengatasi ketombe.

Tak hanya itu, minyak kemiri juga diketahui memiliki khasiat untuk menyuburkan dan melembutkan rambut. Bahkan minyak kemiri mampu untuk memperbaiki rambut rusak.

Maka, itulah alasan banyak orang yang memiliki untuk menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi masalah pada rambut mereka. Karena minyak kemiri mampu mengatasi masalah rambut kering, rapuh atau mudah rontok, dan rusak..

2. Membantu Mencegah Infeksi Kulit atau Antibakteri

Pinterest
Foto : Pinterest

Selain untuk rambut, ternyata manfaat minyak kemiri disebut bisa untuk mencegah beberapa infeksi kulit. Hal ini disinyalir bahwa minyak kemiri mampu mengatasi kulit pecah-pecah hingga kulit yang terbakar oleh sinar matahari.

Dilansir dari studi AIP Conference Proceedings (2020), bahwa minyak dalam kemiri ternyata mengandung asam lemak yang mampu menghambat enzim pada sel bakteri. Sehingga, bakteri pun tidak dapat bertahan lama dna membuat bakteri pada akhirnya rusak.

Penelitian tersebut ternyata menemukan bahwa minyak kemiri mampu bisa menghambat bakteri Staphylococcus aureus atau bakteri penyebab berbagai penyakit kulit akibat infeksi antara lain: impetigo, lentingan dengan nanah, selulitis, dan infeksi kulit berat akibat racun yang dihasilkan Staphylococcus aureus.

3. Membantu Untuk Kulit Kering

Pinterest
Foto : Pinterest

Minyak kemiri juga ternyata memiliki manfaat untuk kulit yang kering, karena memiliki kandungan asam lemak sehingga mampu memberikan kelembapan bagi kulit. Oleh karena itu, minyak kemiri cocok bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering.

Kamu juga bisa mengaplikasikan minyak kemiri pada bagian seperti; tumit, bibir, Siku, dan bagian kulit yang rentan kering lainnya. Kemudian, dilansir dari Frontiers in Pharmacology (2022) bahwa asam linoleat dan asam oleat yang terkandung dalam minyak kemiri disinyalir mampu membantu untuk mengurangi gejala psoriasis seperti gatal, kulit kering dan bersisik, kulit menebal, serta kemerahan pada kulit.

4. Mencerahkan dan Memudarkan Flek Hitam Pada Kulit

Pinterest
Foto : Pinterest

Selain manfaat yang disebutkan di atas, ternyata minyak kemiri juga mampu untuk menjaga kecantikan dan keremajaan pada kulit wajah. Selain itu, disinyalir karena kandungan vitamin A, C dan E pada minyak kemiri ini maka dapat membantu membuat kulit lebih cerah bercahaya dah akan melindungi kulit dari efek gelap sinar matahari.

Sementara itu, manfaat minyak kemiri untuk kecantikan lainnya seperti mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Hal ini disinyalir minyak ini memiliki vitamin mineral Zinc dan Cuprum yang mampu membantu merawat keremajaan kulitmu.

Bahkan karena memiliki banyak vitamin yang terkandung, minyak kemiri ini juga mampu membantu untuk memudarkan flek hitam. Kandungan yang terdapat dalam minyak kemiri antara lain terkandung vitamin A, C dan E.

Untuk cara pengaplikasian hanya dengan mengoleskan secara tipis-tipis minyak kemiri sebelum di waktu tidur dan paginya setelah bangun tidur kamu bisa membilasnya.

5. Membantu Kulit Tampak Glowing

Pinterest
Foto : Pinterest

Dilansir dari dr health benefits bahwa manfaat dari minyak kemiri memiliki manfaat untuk kecantikan seperti mampu membuat kulit lebih halus dan sehat serta nampak lebih glowing.

Hal ini dikarenakan kandungan mineral penting dan nutrisi antioksidan seperti vitamin A, C dan E yang terkandung di minyak kemiri sehingga mampu membantu efek baik untuk kulit.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk mendapatkan minyak kemiri sendiri, kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Untuk bahan-bahan pun kamu hanya membutuhkan biji kemiri yang sudah terkupas dari cangkangnya.

Kemudian, melihat dari Jurnal Penelitian Hasil Hutan oleh Saptadi Darmawan, bahwa hal itu mampu menghasilkan kualitas minyak kemiri yang terbaik, berdasarkan rendemen (suatu nilai dalam pembuatan produk) dan juga melihat dari warna minyak kemiri.

Untuk membuat minyak kemiri kamu perlu memanaskan lebih dahulu kemiri yang sudah dikupas dengan cara di oven, bakar atau bahkan di jemur. Hal ini karena pada waktu pengepresan atau proses memeras mendapatka minyak dari biji yang sudah dipanaskan mampu mengeluarkan lebih banyak minyak.

1. Cara Memanaskan Kemiri Menggunakan Oven

- Pilih biji kemiri yang bagus dan secukupnya
- Cincang atau hancurkan terlebih dulu daging kemiri yang akan dipanaskan agar untuk menghasilkan minyak lebih banyak dan mempercepat proses pengeringan
- Masukkan kemiri yang sudah dicincang ke dalam oven
- Lalu oven dan diamkan selama 90 menit pada suhu 80 °C

2. Cara Memanaskan Kemiri dengan Disangrai

- Pilihlah biji kemiri terbaik dan secukupnya
- Panaskan dengan cara disangrai pada wajan
- Tunggu sampai biji kemiri berubah menjadi menggelap atau menghitam.

3. Cara Membuat Minyak Kemiri

- Siapakan terlebih dulu untuk biji-biji kemiri yang tadi sudah dipanaskan
- Haluskan dengan cara diblender atau digeprek)
- Tambahkan air secukupnya
- Kemudian diperas atau pengepresan untuk mendapatkan hasil minyak.
- Lakukanlah proses penyangraian dengan memakai wajan saat pemanasan hingga warna kemiri berubah menjadi lebih gelap dari sebelumnya.
- Setelah dirasa sudah cukup dan terlihat minyaknya, maka kamu bisa langsung tuangkan hasil saringan ke botol atau wadah.

Demikianlah artikel manfaat, kandungan cara pembuatan minyak kemiri yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait