img_title
Foto : Gmaps/Bagus Reza Erlangga

IntipSeleb Gaya HidupGoa Gong merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi di Jawa Timur. Sekarang ini, Goa bukan lagi tempat yang gelap dan menyeramkan, akan tetapi justru menjadi lokasi wisata yang apik dan menarik untuk dikunjungi.

Di sisi lain, Jawa Timur terkhusus Pacitan, dikenal dengan kota yang memiliki banyak sekali Goa, bahkan mendapat julukan dengan ‘Kota 1001 Goa’. Goa Gong merupakan salah satu yang cukup terkenal. Konon, Goa yang satu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1930. Saat itu, sedang terjadi musim kemarau berkepanjangan yang membuat masyarakat Pacitan sulit untuk mendapatkan air.

Hal ini lah yang kemudian membuat dua orang warga yakni Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo pergi untuk mencari sumber mata air. Hingga pada akhirnya, perjalanan mereka tiba di sebuah lubang dan mereka pun menelusurinya.

Tak disangka, lubang tersebut ternyata cukup dalam hingga perjalanan mereka harus menghabiskan sebanyak 7 obor hingga menemukan sumber mata air dalam sana. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Goa Gong, yuk intip informasinya berikut ini.

Goa Gong

gmaps/Manik Asa
Foto : gmaps/Manik Asa

Goa Gong berlokasi di Jl. Salam, Salam, Bomo, Kec. Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Layaknya tempat baru yang diberi nama, penamaan Goa Gong diambil dari misteri yang menyelimuti tempat ini. Konon, di malam hari masyarakat sekitar Goa sering kali mendengar suara tabuhan yang mirip dengan gong (alat musik).

Bahkan ada pula yang mengabarkan bahwa di salah satu ruangan goa, ada sebuah batu yang apabila ditabuh akan berbunyi seperti gong yang bergema. Pesona Goa ini rasanya sudah terkenal di sekitaran Pacitan. Banyak wisatawan yang sengaja datang di saat musim liburan.

Jika anda berpikir bahwa Goa ini akan gelap dan dihuni oleh beragam kalelawar, anda salah. Sebab, Goa ini justru di dalamnya ada banyak lampu warna warni yang cantik dan mempesona. Lampu-lampu itu menerangi dinding-dinding tembok sehingga ukiran batu dan juga stalaktitnya menjadi jelas terlihat.

Daya Tarik Goa Gong

gmaps/Raynardthan Pontoh
Foto : gmaps/Raynardthan Pontoh

Sebagai objek wisata, ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh Goa Gong. Yuk intip apa saja yang bisa anda temui jika datang ke wisata ini:

1. Keindahan Stalaktit dan Stalagmit

gmaps/Eko Setiawan BSF
Foto : gmaps/Eko Setiawan BSF

Sebelumnya telah disinggung bahwa di dalam Goa Gong, anda akan dibuat takjub dengan keindahan Goa yang dilengkapi dengan lampu warna-warni hingga terlihat jelas memukaunya stalaktit dan stalagmit.

Stalagmit merupakan batuan yang berbentuk lancip dengan ujung mengarah ke atas sedangkan stalaktit adalah batuan yang runcing dan berlubang-lubang lancip dengan ujungnya mengarah ke bawah.

Varian bentuknya yang memukau membuat wisatawan akan dibuat terpesona dengan bentuk alamiah batuan yang ada di dalam goa. Belum lagi lampu warna warni yang menerangi seluruh bagian goa yang memiliki panjang 256 meter.

Beberapa stalaktit dan stalagmit bahkan diberikan nama sesuai dengan bentuknya masing-masing. Ada Selo Jengger Bumi, Selo Adi Citro Buwono, Selo Cipto Agung hingga Selo Bantaran Angin.

Jika anda datang di musim penghujan, maka anda disarankan untuk memakai payung saat menelusuri Goa. Sebab, biasanya ada air yang menetes dari atas Goa. Jika tak membawa payung, ada pula di sekitaran Goa yang menyewakan peminjaman payung

Untuk anda yang juga ingin mengetahui banyak selama mengunjungi Goa, ada pula pemandu yang siap menjelaskan berbagai macam hal untuk harga. Untuk jasa sewa pemandu, dikenakan tarif sebesar Rp20.000 hingga Rp30.000.

2. Lokasi yang Sejuk dan Asri

gmaps/Raynardthan Pontoh
Foto : gmaps/Raynardthan Pontoh

Sebagai salah satu tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang asri, Goa Gong memiliki suasana sejuk dan juga nyaman. Sebelum tiba di Goa, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan rindang di kanan kiri yang akan membuat suasana lebih adem.

Tentunya suasana alam akan membuat anda refresh sejenak usai penat dengan aktivitas sehari-hari. Sementara itu, di dalam Goa sendiri juga dipasangi blower dan penyejuk. Namun apabila pengunjung yang masuk cukup banyak, akan sedikit membuat tempat ini terasa pengap dan panas.

3. Dekat dengan Pantai Klanyar

gmaps/RUMAH KENARI
Foto : gmaps/RUMAH KENARI

Lokasi wisata Goa yang satu ini rupanya searah dengan destinasi wisata Pantai Klanyar. Hanya berkisar 20 menit saja jarak antara keduanya. Anda juga bisa nih, jika baru saja mengunjungi Pantai Klanyar, kemudian mampir ke Goa ini.

Begitu pun sebaliknya, jika sudah puas dengan wisata Goa, bisa menuju pantai untuk merasakan sensasi liburan yang lainnya. Di Pantai Klanyar juga tentunya ada banyak aktivitas menarik yang bisa anda temukan. Misalnya saja menikmati pemandangan alam yang indah, bermain pasir hingga menikmati sunset di sore hari.

4. Aneka Kios Makanan dan Souvenir

gmaps/Budi Cahyana
Foto : gmaps/Budi Cahyana

Di sekitaran Goa, ada banyak kios yang menjajakan aneka jenis makanan sebagai solusi jika perut anda lapar. Mulai dari makanan ringan hingga berat, anda bisa coba satu persatu. Harganya pun cukup terjangkau. Selain itu, ada pula souvenir yang menarik perhatian.

Salah satu yang dikenal disini ada pasar Batu Akik yang menawarkan ragam varian warna dan bentuk batu akik yang mempesona.

Harga Tiket dan Jam Buka Goa Gong

gmaps/Johan Ferdian JR
Foto : gmaps/Johan Ferdian JR

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Goa Gong, anda bisa mengunjungi tempat ini sesuai dengan waktu yang anda miliki. Sebab, destinasi wisata ini buka setiap hari lho. Jadi untuk anda yang tidak bisa datang di akhir pekan, bisa juga datang di saat weekday. Jam bukanya yakni mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Sementara untuk harga tiket masuknya, anda dikenakan biaya Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Jika membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan tarif Rp2.000 untuk mmotor dan Rp5.000 untuk mobil.

Untuk anda yang ingin menuju ke lokasi Goa Gong dari pusat kota Pacitan, wisata ini memiliki jarak kurang lebih 40 km. Aksesnya sendiri cukup mudah. Kamu bisa mengandalkan transportasi umum dan turun di Pasar Punung. Setelah itu bisa dilanjut dengan menggunakan ojek.

Atau, untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, juga bisa datang dengan memanfaatkan google maps karena titik lokasinya sudah cukup akurat.

Sementara itu, fasilitas dari Goa Gong juga cukup memadai. Ada area parkir yang cukup luas yang jaraknya kurang lebih 100 meter dari pintu masuk. Selain itu, ada pula para pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman untuk anda yang ingin mengisi tenaga sejenak.

Tak hanya itu saja, aneka souvenir hingga camilan khas oleh-oleh juga banyak dijajakan. Jadi anda bisa juga coba menawar dan jika sudah mendapatkan harga yang cocok bisa dibeli. Selain itu, ada pula toilet yang cukup bersih. Ada juga musala yang bisa dipakai untuk beribadah umat muslim.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Goa Gong yang telah dirangkum oleh Tim IntipSeleb untuk anda. Untuk harga yang tertera dalam artikel ini, kami ingatkan kembali bahwa bisa saja terjadi perubahan sering berjalannya waktu.

Kendati demikian, kami berharap agar biaya tersebut bisa menjadi patokan bagi anda yang tengah mempersiapkan budget untuk berlibur. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur! (jra)

Topik Terkait