img_title
Foto : Gmaps/Wisata Jogja

IntipSeleb Gaya Hidup Kedung Pedut merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata ini merupakan air terjun yang juga dikenal dengan nama Curug Kedung Pedut.

Nama ‘Kedung’ berarti kubangan atau kolam sedangkan ‘Pedut’ memiliki arti kabut. Tempat wisata yang satu ini dikenal dengan tempatnya yang asri dan juga indah. Belum lagi warna air yang yang cantik hingga membuat siapapun terpesona. Warna air terjun di sini bahkan terbagi menjadi 2 warna, yakni putih jenis dan juga hijau.

Bukan tanpa sebab, warna putih yang ditimbulkan karena berasal dari aliran air yang deras dari air terjun. Sementara itu, warna hijau air terjadi sebagai pantulan dari bebatuan dasar sungai yang terpancarkan sinar matahari.

Destinasi wisata ini berlokasi di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ingin tahu banyak informasi lain tentang daya tarik hingga harga tiket masuk ke tempat wisata ini? Yuk intip informasi selengkapya berikut ini.

Daya Tarik Kedung Pedut

gmaps/Wisata Jogja
Foto : gmaps/Wisata Jogja

Ada berbagai hal menarik yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Kedung Pedut. Yuk intip deretannya berikut ini.

1. Berenang di Air Terjun

gmaps/wisata Jogja21
Foto : gmaps/wisata Jogja21

Berkunjung ke wisata air terjun, rasanya tak lengkap jika tidak bermain air. Di Kedung Pedut, anda juga bisa lho, berenang dan bermain air di lokasi. Airnya yang jernih dan dingin, akan bikin kamu betah berlama-lama di sini. Jika tak bisa berenang tak perlu khawatir, ada pula yang menyewakan pelampung dan ban untuk anda bermain di sana. Pelampung disewakan mulai dari harga Rp10 ribu saja.

Namun jika membawa anak-anak, tentu perlu pendampingan lebih ekstra karena ada bagian kolam yang memiliki kedalaman cukup tinggi jika untuk anak-anak. Bisa ajak bermain di tepian dengan catatan tetap didampingi dan diawasi.

Selain itu, air terjun ini rupanya tak hanya satu lho, namun ada banyak. Sehingga anda bisa eksplor satu persatu untuk merasakan sensasi yang berbeda dari tiap kolam.

2. Suasana Alam yang Sejuk

gmaps/Mumtaz Mahfud
Foto : gmaps/Mumtaz Mahfud

Sebagaimana tempat wisata air terjun, tentunya akan dikeliling dengan pepohonan rindang di kanan dirinya. Membuat tempat ini seolah tersembunyi di antara pepohonan tinggi yang menjulang. Oleh sebab itu, tak heran jika suasana sekitar akan menjadi sejuk dan adem.

Cocok banget untuk anda yang sedang penat dengan aktivitas sehari-hari dan ingin melepas penat sejenak dengan mengunjungi tempat wisata alam yang menawarkan keindahannya.

3. Spot Foto

gmaps/Haruyuki
Foto : gmaps/Haruyuki

Berwisata tak pernah lengkap jika tak mengabadikannya dalam jepretan gambar. Di sini anda juga bisa mencari berbagai spot foto menarik untuk mengabadikan momen anda saat berkunjung ke salah satu wisata populer di Kulon Progo.

Selain itu, pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai spot foto seru yang bisa dipakai sebagai background anda saat mengabadikan gambar. Untuk anda yang suka fotografi juga bisa mengasah kemampuan anda di sini dengan memotret keindahan alam di sekitaran Air Terjun.

4. Wisata Outbond

gmaps/Achmad Syaifudin
Foto : gmaps/Achmad Syaifudin

Keseruan tempat wisata yang satu ini seolah tak ada habisnya. Sebab, ada pula lho wisata outbond yang bisa anda coba. Ada flying fox yang bisa anda coba untuk menguji adrenalin. Kendati begitu, anda akan dibuat terpukau dengan keindahan alam sekitar yang bisa disaksikan dari atas.

Anda akan dibawa melintasi air terjun dan melihat secara langsung betapa memukaunya air terjun yang jatuh ke kolam hingga berakhir mengalir di area kolam.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitias Air Terjun Kedung Pedut

gmaps/Damayt
Foto : gmaps/Damayt

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi wisata yang satu ini, maka kamu tak perlu khawatir mengenai harga tiket. Sebab, harga tiket masuknya terbilang murah. Hanya dengan membayar Rp15 ribu saja, kamu sudah bisa masuk dan menikmati suasana alam sekitar Kedung Pedut lho.

Sementara itu jika membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif Rp5 ribu untuk mobil dan Rp3 ribu untuk motor. Area parkirannya juga cukup memadai. Di sini fasilitas yang disediakan pun cukup komplit.

Mulai dari kamar ganti yang cukup banyak, ada kantin yang menyediakan berbagai macam kuliner khas daerah yang wajib dicoba, toilet yang bersih, hingga musala yang bisa digunakan pengunjung muslim untuk menjalankan ibadah.

Selain itu, ada pula kios-kios yang menjajakan aneka cinderamata yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh sepulang dari berwisata di Air Terjun Kedung Pedut.

Rute ke Lokasi

gmaps/Wisata Jogja
Foto : gmaps/Wisata Jogja

Untuk mencapai lokasi ini, anda membutuhkan waktu sekitar 32 menit jika berasal dari daerah Kota Kulon Progo. Jaraknya kurang lebih sekitar 13,3 km. Terbilang dekat dan cukup terjangkau. Sementara itu, jika anda berasal dari daerah Yogyakarta, membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama yakni sekitar kurang lebih 1 jam.

Dari Tugu Yogyakarta, anda bisa mengambil arah barat untuk menuju ke perempatan Ring road Barat Demak Ijo. Setelah itu ambil jalan Godean hingga tiba di pasar Godean. Ikuti jalan hingga tiba di Pasar Kenteng.

Kemudian dilanjut lagi menuju Tanjakan Menoreh hingga bertemu pertigaan dan ambil ke arah Goa Kiskendo. Lalu ada pertigaan dan ambil arah kiri sejauh 4 km. Tak jauh dari sana, ada Gorjogan Mudal kemudian belok kiri hingga tiba di Air Terjun Kembang Soka. Nanti ada petunjuk arah yang akan membawa anda tiba di lokasi wisata Kedung Pedut

Atau, anda juga bisa memanfaatkan google maps yang lokasinya cukup akurat. Meski melewati berbagai macam area, pemandangan sekitar curug akan mengobati lelah anda di perjalanan. JIka membawa kendaraan pribadi, pastikan rem berfungsi dengan baik. Sebab jalanan menuju lokasi cukup naik turun sehingga perlu konsentrasi dan rem kendaraan yang berfungsi dengan baik agar tetap aman.

Tips Berkunjung ke Curug

gmaps/syani soeparno putri
Foto : gmaps/syani soeparno putri

Berkunjung ke wisata alam air terjun, ada beberapa tips yang tim IntipSeleb sarankan. Suasana alam sekitar yang sejuk, ada baiknya untuk anda membawa pakaian tebal seperti jaket agar tidak kedinginan. Bisa juga membawa baju ganti jika memang anda ingin bermain air di sekitaran air terjun.

Selain itu, kawasan air terjun yang lembab bisa saja menimbulkan beberapa area yang licin karena lumut. Ada baiknya untuk memakai sendal gunung, sendal karet atau sepatu agar tidak tergelincir. Kemudian jika membawa bekal, ada baiknya anda membawa plastik besar yang bisa digunakan untuk menyimpan sampah.

Budayakan membuang sampah pada tempatnya agar tempat wisata ini tetap asri dan indah tanpa tercemari sampah.

Demikian adalah sederet informasi yang telah dirangkum Tim IntipSeleb mengenai Kedung Pedut Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk informasi mengenai harga tiket dan lain sebagainya, kami ingatkan kembali bahwa bisa saja mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Kendati begitu, kami harap bahwa apa yang disampaikan di dalam artikel ini dalam menjadi patokan bagi anda saat tengah berlibur di Kulon Progo. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur! (jra)

Topik Terkait