img_title
Foto : IMDb

IntipSeleb Gaya HidupFilm Indonesia romantis yang bikin nangis mungkin sedang kamu cari-cari. Alur dari sebuah film romantis, memang terasa tak lengkap apabila hanya berisi adegan manis saja. Konflik permasalahan dari tiap karakternya akan semakin membuat cerita semakin hidup.

Tak ayal, jika konflik yang dialami karakter kerap kali menguras emosi hingga membuat para penonton. Kendati begitu, selalu ada penyelesaian masalah yang apik hingga membuat film itu terkesan. Untuk kamu yang sedang mencari film Indonesia romantis yang bikin nangis, berikut ini telah tim IntipSeleb rangkum untuk anda sederet rekomendasi film Indonesia romantis yang bikin nangis.

1. Habibie & Ainun (2012)

Film Indonesia romantis yang bikin nangis pertama ada Habibie & Ainun yang tayang di tahun 2012. Film ini terinspirasi dari kisah cinta melegenda antara Presiden Ketiga Indonesia yakni Bacharuddin Jusuf Habibie dan sang istri yakni Hasri Ainun Besari.

Film yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari itu mengisahkan bagaimana sosok Pak Habibie di masa mudanya. Ia merupakan sosok genius yang merupakan ahli pesawat terbang yang memliki mimpi besar. Sedangkan Ibu Ainun, adalah sosok dokter muda cerdas.

Keduanya merupakan teman satu SMP yang bertemu kembali di Bandung. Habibie jatuh cinta pada Ainun yang baginya manis semanis gula. Hingga singkat cerita keduanya menikah dan tinggal di Jerman.

Di sana, keduanya mulai mengejar mimpi. Akan ada banyak rintangan yang dihadapkan pada keduanya, mulai dari kesendirian hingga godaan harta dan kekuasaan. Tentang Ainun dan Habibie yang saling mencintai dan berusaha berjuang untuk tetap bersama hingga maut memisahkan.

Kisah cinta yang mengharu biru ini sukses membuat 4.601.249 penonton larut dalam kisah cinta keduanya. Bahkan masuk ke dalam deretan film terlaris sepanjang masa.

2. Ayat-ayat Cinta (2008)

Salah satu film karya Hanung Bramantyo yang tak bisa dilupakan hingga kini adalah Ayat-ayat Cinta. Meski sudah tayang pada tahun 2008 silam, alur ceritanya yang manis namun seolah mengiris membuat film ini menjadi salah satu film Indonesia romantis yang bikin nangis.

Film ini mengisahkan tentang Fahri bin Abdullah Shiddiq yang diperankan oleh Fedi Nuril yang berusaha meraih gelar masternya di Al-Azhar, Mesir. Fahri sangat berambisi dalam meraih impiannya, namun satu yang tak ia minati, yakni menikah.

Ia merupakan sosok laki-laki yang kurang bisa jika dihadapkan dengan perempuan. Sebab, selama ini ia hanya dekat dengan nenek, ibu dan saudara perempuannya saja. Hingga kemudian ia bertemu dengan Maria Kirgiz (Carissa Putri). Ia merupakan tetangga Fahri beragama Kristen Koptik yang mengagumi Al Quran dan juga Fahri. Kekaguman itu lantas berubah menjadi cinta, namun hanya dipendam saja.

Beberapa wanita lainnya akan muncul menggoyahkan hati Fahri, hingga akhirnya dirinya dipertemukan dengan Aisha (Rianti Cartwright). Si pemilik mata indah yang seolah meyihir Fahri.

3. Heart (2006)

Salah satu film Indonesia romantis yang bikin nangis ini juga tak terlupakan bagi sebagian penggemar. Sebab, meski tayang di tahun 2006 silam, film ini sukses membuat para penonton baper dengan kisah cinta antara Rachel, Farel dan juga Luna.

Film ini mengisahkan gadis tomboy, enerjik bernama Rachel yang diperankan untuk Nirina Zubir. Tinggal di daerah puncak, Rachel memiliki sahabat sejak kecil yakni Farel (Irwansyah). Krduanya sering kali menghabiskan waktu bersama dengan bermain basket dan juga di rumah pohon. Meski saat itu hanya Rachel saja yang bisa naik ke atas karena Farel tak berani memanjat.

Hingga suatu hari, Farel bertemu dengan gadis cantik bernama Luna (Acha Septriasa) yang kepribadiannya berbanding terbalik dengan Rachel. Farel jatuh cinta hingga keduanya memutuskan untuk bertemu kembali.

Sebagai seseorang yang sedang jatuh cinta, Farel berusaha meminta bantuan Rachel untuk bisa mendapatkan hati Luna. Namun rupanya, Rachel baru menyadari bahwa ia suka Farel dan cemburu. Meskipun demikian, Rachel menyembunyikannya dan tetap berusaha membantu Farel. Semakin Luna jatuh cinta pada Farel, Rachel pun semakin terluka.

4. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

Film Indonesia romantis yang bikin nangis selanjutnya ada Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yang tayang di tahun 2013. Film ini mengambil latar tahun 1930-an di Makassar. Film ini mengisahkan Zainuddin yang diperankan oleh Herjunot Ali, ia berlayar menuju kampung halamannya di Batipuh, Padang Panjang.

Di sanalah ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Hayati (Pevita Pearce) yang cantik dan menjadi bunga desa. Keduanya saling jatuh cinta, akan tetapi adat istiadat lantas meruntuhkan semuanya. Zainuddin yang melarat dan dinilai tidak memiliki pertalian darah dari keluarga Minangkabau lagi.

Sebab, Ibunya berdarah Makassar dan ayahnya berdarah Minang, statusnya tidak diakui. Lamaran Zainuddin ditolak keluarga Hayati. Hingga akhirnya Hayati harus terpaksa menikah dengna Aziz (Reza Rahadian) yang merupakan laki-laki terpandang dan lahir dari keluarga yang cukup berada.

Hingga kemudian Zainuddin memutuskan merantau ke tanah Jawa dan sukses menjadi penulis terkenal. Disanalah ia bertemu kembali dengan Hayati yang kini sudah bersama dengan Aziz,

5. Sunshine Becomes You (2015)

Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Ilana Tan yang berjudul serupa, yakni Sunshine Becomes You. Kemudian di tahun 2015, film ini yang disutradarai oleh Rocky Soraya tayang di bioskop dan menarik perhatian publik dan masuk ke deretan film Indonesia Romantis yang bikin nangis versi Tim IntipSeleb.

Film ini mengisahkan tentang Alex Hirano (Herjunot Ali) yang merupakan seorang pianis terkenal keturunan Jepang yang memiliki sifat dingin. Ia sering kali membuat orang-orang sekitar jadi tidak bisa menikmati hati jika Alex sendiri tak ingin menikmati hari.

Suatu hari, adiknya, Ray Hirano (Boy William) mengunjungi Alex untuk mengecek kondisi sang kakak. Hingga kemudian, Ray yang merupakan seorang dancer group B-Boy, mengajak Alex keluar untuk menyegarkan pikiran. Ia pun berniat mengajak Alex untuk bertemu dengan perempuan yang disukainya, yakni Mia Clark (Nabilah Ayu).

Mia Clark adalah seorang penari balet kontemporer yang berbakat. Sosoknya yang ceria seolah mampu membuat siapa saja menyukai gadis itu dalam sekejap. Akan tetapi, pertemuan pertama antara Mia dan Alex tak berjalan mulus.

Mia yang saat itu jatuh dari tangga, justru menimpa Alex hingga membuat tangan kiri pianis tersebut patah. Terpaksa, Alex yang memiliki jadwal konser dalam waktu dekat, membatalkan seluruhnya hingga tangannya sembuh.

Merasa bersalah, Mia berusaha menawarkan diri untuk menjadi tangan kiri Alex. Hingga akhirnya Alex menerimanya sebagai pengurus rumah pribadi. Ia harus mengerjakan berbagai urusan rumah. Tanpa Alex ketahui, bahwa sebenarnya Mia memiliki rahasia. Rahasia yang membuatnya tidak bisa menari di atas panggung megah, tidak boleh lelah hingga tidak boleh jatuh cinta.

Demikian adalah sederet film Indonesia romantis yang bikin nangis pilihan Tim IntipSeleb. Untuk kamu yang sedang senggang, bisa coba beberapa rekomendasi di atas untuk menemani waktu luang kamu ya.

Akhir kata semoga artikel rekomendasi film Indonesia romantis yang bikin nangis ini dan bermanfaat bagi anda dan selamat menonton! (jra)

Topik Terkait