img_title
Foto : IMDb

IntipSeleb Gaya HidupBlue Valentine merupakan film drama romantis yang telah tayang pada tahun 2010 silam. Meski sudah beberapa tahun terlewati, namun film ini masih memiliki tempat tersendiri bagi para penikmatnya.

Film yang disutradarai oleh Derek Cianfrance ini menggaet Ryan Gosling dan Michelle Williams sebagai pemeran utama. Menyajikan kisah cinta antara dua pasangan usai pernikahan, akan membuat kamu gemas dengan tindakan keduanya.

Untuk kamu yang ingin tahu sinopsis sekaligus alur cerita dari film Blue Valentine, pantengin terus artikel berikut ini. Namun untuk kamu yang tak ingin kena spoiler, ada baiknya skip artikel ini, sebab, akan mengupas tuntang mengenai alur cerita dan juga detail lainnya. Yuk langsung simak berkut ini.

Sinopsis Sekaligus Spoiler Film Blue Valentine

Film Blue Valentine mengisahkan tentang kisah cinta antara Dean Pereira yang diperankan oleh Ryan Gosling dan juga Cindy Heller (Michelle Williams). Dean merupakan seorang pemuda yang putus sekolah yang tengah bekerja di sebuah moving company di Brooklyn. Di sanalah dia kemudian bertemu dengan Cindy, yang merupakan seorang mahasiswi kedokteran yang cerdas.

Cindy Heller tinggal bersama orang tuanya, kendati demikian, ia sering bertengkar dan merawat neneknya di Pennsylvania. Di sisi lain, Cindy juga memiliki permasalahan dengan kekasihnya, yakni Bobby (Mike Vogel). Saat berhubungan seks, Bobby tak pernah menggunakan pelindung, hal itu membuat Cindy marah dan kemudian putus.

Dean dan Cindy pertemu saat berada di Panti Jompo. Kala itu, Dean sedang mengantarkan perabotan untuk warga baru. Dean kemudian memberikan Cindy nomor teleponnya, akan tetapi, Cindy tak pernah menghubungi Dean. Hingga kemudian keduanya kembali bertemu saat berada di bis. Keduanya lantas memutuskan untuk berkencan.

Singkat cerita, Bobby mengetahui bahwa Cindy menjalin kasih dengan Dean lantas menghajarnya. Suatu hari, Cindy mengetahui bahwa dirinya hamil. Cindy yang tengah menjalin kasih dengan Dean, lantas memberitahukannya. Cindy memberitahu bahwa ia tengah hamil namun bukan anak Dean.

Awalnya Cindy tak menginginkan anak tersebut, hingga ia memutuskan untuk pergi ke klinik aborsi. Akan tetapi, sebelum mulai aborsi, ia berubah pikiran dan ingin menjaga sang bayi. Penuh perhatian, Dean membujuk Cindy untuk tetap menjaga bayinya. Ia pun meyakinkan Cindy bahwa dirinya tak keberatan hidup dan membangun keluarga dengan Cindy dan menganggap bayi tersebut seperti anaknya sendiri.

IMDb
Foto : IMDb

Hubungan mereka pun lantas berujung pernikahan. Lima tahun pasca menikah, keduanya tinggal di Pennsylvania dengan putri cantik mereka yakni Frankie (Faith Wladyka). Kebahagiaan semakin melengkapi keluarga tersebuut dengan kehadiran anjing peliharaan, Megan.

Dalam kesehariannya, Dean melukis di rumah sebagai mata pencahariaannya. Dia berusaha untuk tak mengonsumsi alkohol apapun yang terjadi. Sementara itu, Cindy juga bekerja sebagai seorang perawat di klinik. Perlahan, cinta di antara keduanya semakin diuji.

Anjing peliharaan mereka yng tiba-tiba menghilang dan kemudian ditemukan mati di pinggir jalan. Hingga suatu hari, Dean menonton video keluargalamanya dan berinisiatif mengajak Cindy untuk berlibur romantis di motel. Terlalu banyak aktivitas yang mereka habiskan masing-masing, membuat mereka jarang memiliki waktu untuk berdua.

Cindy pun menerima ajakan Dean dengan terpaksa. Hingga tanpa diduga, Cindy mulai bertemu lagi dengan Bobby. Mengetahui hal tersebut, Dean lantas meminta penjelasan hingga akhirnya berdebat hebat dengan Cindy di mobil.

Setibanya di motel, Dean berusaha untuk membujuk Cindy agar tak marah lagi. Akan tetapi Cindy menolaknya. Bahkan Cindy mengurung diri di dalam kamar Motel. Di pagi hari, Cindy mendapat kabar dari klinik. Setelah menuliskan surat untuk Dean, Cindy pergi menggunakan mobil.

Di klinik, rupanya atasan Cindy yakni Dr. Feinberg (Ben Shenkman) mulai menawarkan posisi baru untuk Cindy. Ia justru meminta Cindy untuk fokus dengan pekerjaannya dan memberi kode bahwa kalau mau, mereka akan menghabiskan waktu di akhir pekan bersama. Cindy jelas kesal, sebab ia pikir ia akan ditawari posisi yang bagus oleh sang atasan.

Di sisi lain, Dean yang mengetahui Cindy meninggalkannya langsung menyusul ke Klinik. Dengan keadaan mabuk, justru Dean terlibat perseteruan dengan Cindy hingga berkelahi dengan Dr. Feinberg. Hal itu berujung dengan Cindy yang dipecat.

IMDb
Foto : IMDb

Merasa sudah muak, Cindy lantas menuntut cerai dari Dean. Merasa rumah tangganya tak boleh hancur, Dean menyusul Cindy ke rumah orang tuanya dan membujuk Cindy untuk memberikannya kesempatan. Sebab, ia memikirkan putri mereka yakni Frankie. Membayangkan Frankie hidup sebagai anak broken home membuat hati Dean teriris.

Akan tetapi, CIndy juga bersikeras bahwa ia juga tidak ingin jika Frankie tumbuh dengan orang tua yang justru membenci satu sama lain. Dean kembali mengingatkan Cindy tentang sumpah pernikahan mereka. Hingga kemudian semua yang telah Cindy rasakan memuatnya menangis dan saling meminta maaf.

Meski demikian, Cindy meminta waktu kepada Dean. Dean pun mengiyakan, lantas berjalan menjauh dari rumah. Frankie sempat mengejar sang ayah dan menyuruhnya untuk kembali. Namun Dean tetap terus berjala menjauh sementara Cindy menahan Frankie yang menangis dan kecewa.

Tanggapan Dari Kritikus untuk Film Blue Valentine

IMDb
Foto : IMDb

Film yang cukup menguras emosi itu menuai perhatian dari para kritikus film. Film Blue Valentine mendapat beragam review positig dari para kritikus. Bahkan, film ini mendapatkan rating 87% dengan rata-rata rating 7,8/10.

Di sisi lain, film ini juga telah sukses mengantongi keuntungan sebesar 9.737.892 USD di Amerika Utara dan 6.828.348 USD dari negara lain. Padahal anggaran produksi hanya 1 juta USD.

Pendapat Terkait Film Blue Valentine

IMDb
Foto : IMDb

Setelah melihat bagaimana alur cerita dari film Blue Valentine, Tim IntipSeleb mau berbagi pendapat tentang film ini. Film yang mengisahkan bagaimana manis pahitnya kehidupan pasca pernikahan ini, bisa menjadi pelajaran untuk para penonton.

Komunikasi adalah salah satu hal yang penting. Melihat Dean dan Cindy mulai merasa pernikahan mereka bak neraka, hal itu dimulai dari keduanya yang kurang bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan. Selain itu, melihat konflik antara Dean dan Cindy, kita juga akan dibuat memikirkan alasan mengapa karakter tersebut melakukan hal tersebut.

Hal ini karena keduanya memiliki latar belakang masa lalu yang berbeda. Sehingga dua manusia yang memiliki dua pemikiran dan masa lalu yang berbeda, ketika dijadikan satu, tentu akan selalu ada konflik yang muncul.

Film ini menggambarkan secara apik bagaimana suasana pernikahan yang mungkin saja terjadi dari tiap pasangan. Akan ada masanya titik jenuh datang, namun bukan berarti tidak bisa diselesaikan. Selalu ada jalan dan perpisahan tak selalu menjadi solusi terbaik.

Pernikahan adalah bagaimana cara dua orang yang memiliki beragam perbedaan dan ego masing-masing, harus saling mengalah agar rumah tangga tetap berdiri kokoh. Untuk kamu yang sudah menonton film ini dari awal film ini rilis, yakin deh, film ini jadi salah satu film tak terlupakan yang pernah ada.

Demikian adalah review dari film Blue Valentine (2010). Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan jadi referensi anda untuk menonton film yang satu ini. Akhir kata selamat menonton!(prl).

Topik Terkait