img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Sedang butuh petunjuk dan berniat salat istikharah? Eits, jangan lupa untuk menghafalkan niat sholat istikharah terlebih dahulu. Seperti diketahui, salat ini bertujuan untuk memohon untuk Allah SWT memberikan petunjuk.

Biasanya, jika sedang keadaan sulit menghadapi peliknya kehidupan, seorang muslim dianjurkan untuk langsung melaksanakan salat ini. Ini juga selaras dengan apa yang disampaikan Rasulullah SAW.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ - البقرة
الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Artinya: "Rasulullah SAW mengajari kami salat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surat dari Al-Qur'an. Beliau berkata: 'Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukan lah salat dua rakaat yang bukan salat wajib, kemudian berdoalah.." (HR Al-Bukhari).

Salat ini dapat dilakukan kapan saja, asalkan bukan ada tiga waktu terlarang untuk salat. Ketiga waktu tersebut diantaranya saat matahari terbit, matahari sedang berada di tengah, atau matahari terbenam.

Sebagaimana hadits Rasulullah yang berbunyi:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: "Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, 'Orang yang berdoa kepadaKu akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepadaKu akan kuberikan, orang yang meminta ampunan dariKu akan Kuampuni," (HR Bukhari dan Muslim).

Dalil lain tentang anjuran untuk salat istikharah bagi orang yang terkena kesulitan adalah sebagai berikut:

“jika ada salah seorang di antara kalian memiliki niat dalam suatu urusan maka lakukanlah sholat sunnah sebanyak dua rakaat yang bukan termasuk dalam sholat wajib kemudian berdoalah kepada Allah SWT.” (HR Bukhari)

Untuk hukum melakukan salat istikharah adalah sunnah. Hal ini didasarkan dari para ulama yang telah sepakat terkait hukum istikharah. Berikut niat sholat istikharah, tata cara dan doa setelahnya, Yuk scroll!

Niat Sholat Istikharah

Pinterest
Foto : Pinterest

Niat sholat istikharah hendaknya dibaca sebelum kamu memulai salat. Tepatnya yaitu sebelum membaca takbir secara lisan serta dilafalkan dalam hati saat mengucapkan takbiratul ihram.

Berikut bacaan niatnya:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatan istikharati rok'ataini lillahi ta'alaa

Artinya: "Aku berniat sholat istikharah dua rakaat karena Allah ta'ala."

Tata Cara Salat Istikharah

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk melaksanakan ibadah salat ini, ada tata cara yang harus kamu lakukan dan turuti. Berikut tata caranya:

  • Membaca niat sholat istikharah
  • Takbiratul ihram
  • Membaca surat-surat yang dibaca dalam surat istikharah

Para ulama menganjurkan beberapa surat Al-Quran yang baik saat melakukan sholat istikharah. Menurut banyak ulama, hendaknya kita membaca surat Al-Fatihah, Al-kafirun dan Al-Ikhlas dengan beberapa ketentuan.

Pada rakaat pertama membaca dianjurkan untuk memaca Al-Fatihah dan Al-Kafirun. Sementara itu, di rakaat kedua, hendaknya membaca surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas.

Namun demilkian bacaan setelah surat Al-Fatihah sebetulnya tidak diwajibkan. Namun sudah pasti harus menjadi membaca surat Al-Fatihahnya.

  • Rukuk
  • I'tidal
  • Sujud pertama
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri lagi untuk rakaat kedua yang dikerjakan sama seperti rakaat pertama
  • Tahiyat akhir
  • Salam

Doa Sholat Istikharah

Pinterest
Foto : Pinterest

Agar salat makin afdal, maka sehabis salat jangan langsung beranjak untuk bangun. Kamu bisa membaca doa di bawah ini untuk memohon pertolongan dari Allah SWT.

Kamu bisa mengawali doa dengan membaca hamdalah dan salawat Ibrahim:

مد لله رب العالمين. حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده. يا ربنا لك الحمد كما ينبغى لجلال وجهك الكريم وعظيم سلطانك اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ في العالمين إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid”

Atinya : "Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

Berikut doa yang bisa kamu baca usai salat istikharah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِك وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ*) خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ*) شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Allahumma inni astakhii-ruka bi 'ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta'lamu anna hadzal amra*)) khairan lii fii diinii wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta'lamu anna hadzal amra*) syarrun lii fii diinii wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii, fash-rifhu 'annii was-rifnii 'anhu, waqdur lial khaira haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih

Artinya: "Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini *)) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikan lah untukku dan mudahkan lah bagiku dan berkahi lah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini *)) buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkan lah bagiku kebaikan di mana pun kebaikan itu berada, dan ridai lah aku dengan kebaikan."

Doa lainnya yang dianjurkan dan bisa kamu baca usai salat istikharah adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ , وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ , وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ

Artinya: “Ya Allah aku beristikharah atau memohon petunjuk dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuatan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon keutamaan-Mu.” (HR. Bukhari).

Nah itu dia niat salat istikharah lengkap dengan terjemahannya dan disertai dengan tata cara serta doa setelah salatnya. Semoga bagi yang tengah mengalami kesulitan senantiasa diberi petunjuk oleh Allah. (nes)

Topik Terkait