img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Bingung mencari destinasi wisata? Pantai Jogan ini bisa jadi rekomendasi kamu berakhir pekan. Pantai cantik ini berada di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan Purwodadi.

Pantai ini juga dekat dengan Pantai Nglambor. Sementara sebelah barat persis, berdekatan dengan Pantai Siung.

Yang membuat keindahannya makin terpancar adalah pantai ini diapit dengan berbagai gunung kapur. Untuk kamu pendaki panjat tebing, bisa untuk mencoba menapaki tebing kapur yang ada di sekitar pantai.

Banyak wisatawan yang belum tahu tentang pantai ini. Padahal pantai ini memiliki banyak pemandangan yang memukau.

Perjalanan lama dari Kota Yogyakarta ke Pantai Jogan tidak akan sia sia ketika kamu bisa melihat langsung keindahan pantai Jogan. Dengan pengunjung yang masih sepi, membuat kamu seperti berada di tempat privat.

Maka dari itu, disarankan mengunjungi pantai ini pada pagi hari. Selain udara masih sejuk, pantai Jogan terlihat cantik pada pagi hari.

Banyak sekali hal yang menarik dari pantai yang jadi hidden gems di Gunung Kidul ini. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia 5 fakta pantai Jogan. Check it out!

1. Punya Air Terjun yang Langsung Menjorok ke Laut

Google Maps
Foto : Google Maps

Pantai ini disebut-sebut juga sebagai McWay Waterfall California-nya milik Indonesia lho.

Pasalnya, pantai ini memiliki keunikan yaitu air terjun yang menjorok langsung ke laut. Air terjun di pantai itu disebut sebagai ‘Air Terjun Pengantin'.

Ada alasan khusus di balik nama ‘Air Terjun Pengantin’ ini. Konon katanya, jika mandi di air terjun tersebut bisa mendapatkan jodoh.

Air terjun yang menjorok di bibir laut adalah hal yang langka di Indonesia, bahkan di dunia. Ini juga salah satu yang membuat pesona dari pantai ini tak terelakan.

Perlu diketahui untuk air terjun yang ada di sini sendiri merupakan air terjun musiman. Artinya, jika musim hujan tiba, debit air terjun akan deras. Sehingga nampak lebih indah.

Namun berbeda jika musim kemarau, yang membuat debit air terjun berkurang. Bahkan bisa sampai kering yang menyebabkan air terjun tak lagi memesona.

Untuk kamu yang suka tantangan, kamu bisa menikmati air terjun ini dengan 2 cara. Yang pertama adalah canyoing, kamu harus memiliki perlatan lengkap untuk melakukannya.

Sementara cara selanjutnya adalah rapeling yang tidak kalah menantangnya. Teknik ini dilakukan dengan cara menapaki turunan yang licin dan basah.

Maka dari itu untuk melakukannya membutugkan ekstra kesabaran dan kehati-hatian jika melakukan cara kedua ini. Untuk melakukan rappeling sebaiknyakamu sudah berlatih terlebih dahulu.

Latihan dibutuhkan untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Sehingga akibat aktivitas panjat tebing ini tidak membahayakan.

2. Sejarah Pantai Jogan

Google Maps
Foto : Google Maps

Sejarah Pantai Jogan berasal dari nama Jujugan. Kata ini dalam bahasa Jawa sendiri memiliki arti ‘Tempat Tujuan'.

Maknanya adalah pantai ini memiliki arti sebagai tempat yang ingin dituju. Usut punya usut, nama itu kabarnya diambil karena tempat tersebut dulunya adalah tempat tujuan bagi Sunan Kalijaga untuk menyepi 40 hari 40 malam.

Dari asal usul itu lah kemudian tempat tersebut dinamakan Pantai Jogan. Nama pantai dipakai hingga hari ini.

3. Rute ke Pantai Jogan

Google Maps
Foto : Google Maps

Lokasi Pantai Jogan berada di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju Pantai ini dari pusat Kota Jogja membutuhkan waktu 2 jam hingga 2,5 jam perjalanan.

Jangan takut tersesat meskipun baru pertama kali kesana. Banyak plang jalan membuat Anda semakin mudah untuk menuju lokasi Pantai ini. Selain itu, kamu pun bisa mengandalkan google maps untuk membantu menemukan rute yang efektif menuju Pantai Jogan.

Lokasi Pantai ini dekat dengan berbagai wisata pantai gunung kidul lainnya. Di sebelah barat Pantai Jogan Gunungkidul terdapat Pantai Nglambor dan Pantai Siung Gunung Kidul.

Sedangkan di sebelah timurnya terdapat Pantai Timang. Jadi jika belum puas di Pantai Jogjan, maka kamu bisa banget mampir ke pantai-pantai Gunung kidul terdekat lainnya.

Rute menuju Pantai Jogan Gunung Kidul ini mudah ditemukan. Pasalnya banyak plang atau papan informasi yang bersebaran di sekitar jalan menuju kensana.

Untuk mencapai Pantai Jogan, perlu waktu sekitar dua jam berkendara dari Jogja. Menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst yang merupakan sisa lautan jutaan tahun silam.

Bila kita sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, artinya Pantai Jogan sudah dekat, karena sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Jogan.

Akses jalan menuju kesana pun juga sudah mulus. Sehingga untuk kesana bisa menggunakan mobil atau motor.

Meskipun jalan menuju ke Pantai ini naik turun dan berkelok-kelok, namun tak perlu khawatir. Jalan menuju pantainya sudah nyaman digunakan.

Rute menuju Pantai Jogan dari pusat Kota Yogyakarta yaitu bisa menuju ke Jalan Imogiri Barat. Kemudian ambil jalan menuju ke jalan Siluk Panggang.

Jalan Siluk Panggang ini agak lengang dengan pemandangan persawahan. Setelah itu, lewat pertigaan ke arah Wonosari, jalan terus mengikuti Jalan Pantai Selatan Jawa.

Lanjutkan dengan ke arah selatan atau arah Pantai Siung. Ikuti jalan tersebut hingga sampai ke Pantai ini.

Perjalanan ke Pantai ini biasanya memakan waktu 2-2,5 jam perjalanan dengan jarak 80 kilometer. Perjalanan selama itu akan terbayarkan dengan pemandangan indah Pantai ini. Selain itu, sepanjang perjalanan menuju kesana, kamuakan menikmati pemandangan yang indah.

Sawah, perkebunan dan pedesaan bisa kamu temui selama perjalanan menuju Pantai ini. Sehingga perjalanan akan tampak menyenangkan.

4. Harga Tiket Masuk ke Pantai Jogan

Google Maps
Foto : Google Maps

Untuk harga tiket masuk tak perlu khawatir. Tiket masuknya sangat terjangkau hanya berkisar Rp10 ribu per orang.

Dengan biaya yang terjangkau Itu pun Anda bisa mengunjungi ke beberapa pantai sekaligus. Mulai dari Pantai ini, Pantai Siung hingga Pantai Nglambor.

Biaya parkir di Pantai ini pun juga sangat terjangkau. Untuk sepeda motor akan dikenakan biaya Rp3 ribu. Sedangkan untuk mobil yaitu hanya sebesar Rp5 ribu.

Kemudian untuk tarif parkir bus sebesar Rp20 ribu. Terjangkau sekali kan biaya tiket masuk dan parkir di Pantai ini?

5. Fasilitas di Sekitar Pantai Jogan

Google Maps
Foto : Google Maps

Karena merupakan pantai yang baru, maka fasilitas di pantai ini belum terlalu lengkap. Lokasi pantai ini juga masih belum populer seperti pantai-pantai lainnya.

Beberapa fasilitas ada di Pantai ini yaitu seperti Kamar Mandi, warung makan dan minum, Gazebo, dan tempat parkir yang memadai. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, wisatawan pun tak bisa protes jika diberikan fasilitas yang pas-pasan.

Namun tetap saja, Pantai Jogan ini sangat layak untuk dikunjungi. Jika kamu ingin bermalam di pantai ini, wilayah penginapan paling dekat ada di sekitar pantai Indrayanti yang berkisar 15km atau kurang lebih memakan waktu tempuh 30 menit.

Nah, itu dia fakta menarik dari pantai Jogan. Cocok banget untuk kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan damai dan refreshing dari suasana hingar bingar kota.

Pantai yang sepi dan tenang serta dengan suasana yang indah akan memanjakan mata kamu. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke patai Jogan? (bbi)

Topik Terkait