img_title
Foto : Unsplash.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Manfaat buah delima sangat berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Buah berwarna merah gelap ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengurangi risiko masalah plasenta, mencegah anemia, hingga menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu saja, buah ini juga mempunyai banyak manfaat untuk manusia biasa pada umumnya. Sebab, ada banyak sekali nutrisi dan vitamin di dalamnya yang tak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga kecantikan kulit.

Lantas, apa saja manfaat buah delima itu? Yuk cek!

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Buah delima memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dalam tubuh. Mulai dari pencegahan berbagai penyakit sampai dengan hal ringan seperti membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang. Sangat cocok untuk kamu yang ingin atau sedang mencoba berdiet! Yuk cek manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

1. Mereka kaya akan antioksidan

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Manfaat buah delima yang pertama yaitu kandungan antioksidan polifenolnya yang sangat kaya menurut Maggie Moon, MS, RD, kepala komunikasi nutrisi untuk POM Wonderful. Di mana, polifenol adalah kelas senyawa tanaman bioaktif dengan sifat antioksidan yang diketahui memerangi molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel tubuh manusia seiring waktu. Molekul berbahaya ini umumnya disebut radikal bebas.

Secara khusus, buah delima mengandung anthocyanin, yang merupakan sejenis flavonoid (salah satu dari dua kelas polifenol). Penelitian menunjukkan antosianin dapat dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti misal menurunkan tekanan darah.

Antosianin inilah yang memberi buah delima warna ruby ​​​​yang indah. Biasanya, semakin berwarna buahnya, semakin banyak antioksidan yang dikandungnya. Jadi, tidak mengherankan jika buah delima merah tua adalah sumber nutrisi yang kaya.

2. Menjadi sumber serat untuk tubuh dan membuat kita mudah kenyang!

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Manfaat buah delima selanjutnya yaitu adanya kandungan serat yang banyak. Setiap satu porsi buah delima memberi kita empat gram serat, menurut Departemen Pertanian AS. Khususnya, sebagian besar serat yang terkandung dalam buah delima adalah serat yang tidak larut.

Di mana, serat tidak larut membantu kita menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat dengan menjaga segala sesuatunya tetap bergerak melalui saluran pencernaan kita. Ini dapat mendukung kadar gula darah yang stabil dan membantu membuat kita kenyang dan puas pada waktu makan.

3. Meningkatkan memori

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Jus buah delima kaya akan polifenol, yang telah ditemukan dapat meningkatkan fungsi memori atau ingatan manusia. Dalam sebuah penelitian, orang yang minum jus delima setiap hari tampil lebih baik dalam tes memori dibandingkan dengan mereka yang menggunakan minuman plasebo.

Jadi, kalau kamu merasa sedikit pelupa akhir-akhir ini, tambahkan secangkir jus delima ke dalam rutinitas pagi kamu, atau campurkan salah satu smoothie sederhana ini.

4. Bisa untuk menurunkan tekanan darah dan memerangi penyakit jantung

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, minum sedikitnya dua ons jus buah delima setiap hari terbukti menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol dan membersihkan plak dari arteri. Tentu kabar baik untuk jantung kita kan?

Studi selanjutnya menunjukkan bahwa jus delima mungkin "bijaksana" untuk ditambahkan ke dalam diet sehat jantung, dan tentunya rasanya enak.

5. Buah delima dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Batu ginjal, yang seperti batu kecil bisa cukup membahayakan kondisi tubuh. Batu ginjal yang dapat terbentuk di ginjal kita, terjadi pada sekitar 11% pria dan 6% wanita di negara Amerika Serikat. Lalu, jika tidak ditangani, ini bisa berbahaya karena menyebabkan darah dalam urin, sakit parah, dan komplikasi ginjal yang parah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah delima sebagai sekutu dalam pencegahan dan pengelolaan batu ginjal berkat nitofenol diet antioksidan, yang ditemukan efektif untuk pencegahan pembentukan batu.

6. Mencegah dan melawan kanker

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Manfaat buah delima selanjutnya berkaita dengan penyakit berat seperti kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah delima dapat mencegah jenis kanker tertentu dan bahkan dapat melawan kanker pada stadium yang berbeda. Sifat anti-inflamasi dan kandungan polifenol yang kaya melindungi DNA dari mutasi, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan membantu mencegah penyebaran kanker.

Meski mungkin memerlukan lebih banyak penelitian lagi, tetapi penelitian menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu memerangi kanker prostat, payudara, usus besar, dan paru-paru. Siapa yang tahu buah merah kecil ini bisa begitu kuat?

7. Meringankan rheumatoid arthritis

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Nyeri sendi akibat kondisi seperti rheumatoid arthritis bisa menjadi gejala yang melemahkan untuk bertahan. Buah delima bisa sangat bermanfaat menyelamatkan, karena sifat anti-inflamasinya yang kuat, buah delima dapat mengurangi nyeri sendi, bengkak, dan nyeri.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah delima dapat menghalangi produksi enzim yang memperburuk radang sendi dengan menghancurkan tulang rawan.

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Dari segi kecantikan, buah delima juga tak kalah menawarkan sejumlah manfaat. Kandungannya membuat kulit kita selalu sehat dan ternutrisi dengan baik jika kita rutin mengonsumsinya. Baik itu dalam bentuk buah langsung atau pun dalam bentuk jus. Yuk catat apa saja manfaat buat delima bagi kesehatan kulit!

8. Melembabkan Kulit

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Salah satu manfaat buah delima untuk kecantikan kulit adalah kemampuannya melembabkan. Menurut ahli kulit, jus buah delima dapat membantu memulihkan kulit yang kering dan kusam. Ini juga merupakan sumber vitamin C yang bagus, yang bila dioleskan, dapat memperbaiki tekstur dan kecerahan kulit.

Cobalah scrub buah delima ini saat kulit kamu membutuhkan sedikit perbaikan. Campurkan 3 sendok makan biji delima, 1 cangkir oatmeal matang, 2 sendok makan minyak zaitun organik extra virgin, dan 1 sendok makan madu mentah dalam sebuah blender. Lalu, oleskan ke wajah kamu, diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

9. Buah delima dapat membantu kita merasa lebih muda lebih lama

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Manfaat buah delima lainnya yang pasti akan sangat disukai banyak orang adalah mampu membuat kita merasa lebih muda.

Buah delima dapat membantu memperlambat proses penuaan otot rangka, yang mulai melemah dan kehilangan massa seiring bertambahnya usia. Pasalnya, ellagitannin dalam buah delima diubah oleh bakteri di usus menjadi senyawa yang disebut urolithin A.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa urolithin A membantu meningkatkan fungsi mitokondria, yang menghasilkan sebagian besar energi kimia dalam sel manusia. Urolithin A ini bekerja mirip dengan latihan fisik pada orang tua yang tidak banyak bergerak. Untuk itu, buah delima membantu membalikkan proses penuaan alami ini.

10. Melawan jerawat

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Selain membuat kita merasa lebih muda dan kulit lembab, antioksidan yang terkandung dalam buah delima membantu melawan jerawat dengan menangkal peradangan yang dapat menyebabkan berjerawat. Jadi sekali lagi buah delima yang kaya antioksidan ini menjadi penyelamat!

Itu dia tadi sejumlah manfaat buah delima baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Bagaimana, jangan lupa dikonsumsi secara rutin ya!

Topik Terkait