img_title
Foto : Insider.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Cara mengatasi mata bengkak itu bisa dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah loh. Bahkan dengan bahan atau benda yang tidak terpikirkan oleh kita, seperti salah satunya sendok. Kok bisa? Bagaimana caranya?

Ada sejumlah cara dan tahapan yang perlu kamu persiapkan untuk bisa menghilangkan mata yang bengkak ini. Yuk langsung disimak cara mengatasi mata bengkak yang sudah IntipSeleb rangkum dari berbagai sumber!

Apa itu mata bengkak dan mengapa itu terjadi?

healthline.com
Foto : healthline.com

Mata bengkak adalah kondisi munculnya pembengkakan pada jaringan di sekitar mata yang umumnya terjadi di bawah mata. Jika kamu mencari alasannya, kamu akan memiliki banyak pilihan.

Bisa karena retensi cairan, mata bisa terlihat lebih bengkak di pagi hari serta selama siklus menstruasi atau setelah makan makanan asin. Genetika, alergi, stres, dan beberapa penyakit sistemik juga berperan dalam pembentukan mata bengkak.

Ada proses penuaan alami kulit yang harus dipertimbangkan juga. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitasnya dan otot serta tendon wajah mengalami penurunan kekuatan tarik.

Merokok dan konsumsi alkohol bersamaan dengan kurang tidur dapat menyebabkan hilangnya kolagen lebih awal dan mempercepat penuaan di area bawah mata.

Cara Mengatasi Mata Bengkak

1. Gunakan sendok dingin

byrdie.com
Foto : byrdie.com

Salah satu cara mengatasi mata bengkak yang mudah sekali untuk dipraktikkan di rumah yaitu menggunakan alat yang sudah kita miliki di dapur, yaitu sendok. Gunakan dua sendok teh bersih di dalam freezer, dan pada pagi yang bengkak, cukup tekankan ke mata selama beberapa menit.

Ini dapat dilakukan dengan sendok yang disimpan di dalam freezer, jangan lupa basahkan dulu sebelum mengoleskannya ke setiap area bawah mata selama beberapa menit dan akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di area tersebut.

2. Menggunakan kantong teh dingin

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Selain sendok dingin, cara mengatasi mata bengkak bisa juga dengan mengoleskan kompres dingin teh rosemary serta meningkatkan sirkulasi di sekitar mata.

Caranya, masukkan setengah cangkir rosemary segar ke dalam seperempat air, rendam selama 20 menit, lalu saring dan dinginkan. Rendam waslap dalam teh, peras cairan ekstra dan letakkan di atas mata selama 15-20 menit, sekali atau dua kali sehari.

3. Gunakan irisan mentimun

unsplash.com
Foto : unsplash.com

Irisan timun pada mata memang terkenal buruk, namun bisa berhasil saat merawat mata bengkak. Sebab, kandungan airnya yang tinggi, mentimun menghidrasi kulit dan mengurangi pembengkakan, bekerja dengan cara yang mirip dengan kompres dingin.

Mentimun juga mengandung vitamin K yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam serta memiliki aktivitas antiinflamasi dan antioksidan .

4. Pijat dengan minyak almond

pexels.com
Foto : pexels.com

Pijat minyak almond di bawah dan sekitar mata selama setengah jam sebelum tidur selama dua minggu. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata dan mengurangi bengkak di bawah mata seiring waktu.

5. Gunakan pasta kunyit dan nanas

pexels.com
Foto : pexels.com

Cara mengatasi mata bengkak selanjutnya yaitu menggunakan campurkan bubuk kunyit dan jus nanas. Dua bahan ini bisa kamu buat pasta kental, lalu oleskan campuran ini ke lingkaran bawah mata dan biarkan selama sekitar 10 menit.

Setelah itu, hapus pasta dengan kain lembab hangat yang lembut, sekali sehari. Pasta ini adalah agen antioksidan dan antiinflamasi alami yang dapat mengurangi mata bengkak.

6. Menggunakan roller mata

freepik.com
Foto : freepik.com

Salah satu pilihan lain untuk cara mengatasi mata bengkak adalah penggunaan roller mata. Saat ini, ada berbagai pilihan rol mata di pasaran yang dapat membantu mengurangi mata bengkak, menghilangkan lingkaran hitam, sampai dengan menawarkan manfaat anti-penuaan.

Bahan roller biasanya terbuat dari logam dan dapat menggunakan gel pendingin mata melalui rollerball. Saat mengoleskan pendingin mata ini bisa dibarengi dengan memberikan pijatan mini ke area bawah mata, yang membantu meningkatkan sirkulasi.

7. Mengoleskan krim wajah dan mata

pexels.com
Foto : pexels.com

Selain roller, ada juga krim wajah dan mata yang dapat membantu melawan bengkak, mendinginkan area mata, dan menyempitkan pembuluh darah. Carilah krim yang mengandung bahan-bahan seperti:

- retinol
- vitamin C
- fenilefrin
- asam hialuronat

8. Lakukan pijatan

pexels.com
Foto : pexels.com

Satu lagi cara mengatasi mata bengkak yang terbilang sederhana adalah dengan menggunakan jari untuk memijat area mata dengan lembut. Kamu bisa mengusapkan jari di bawah air sedingin es, lalu letakkan jari telunjuk di pangkal hidung (di bawah alis), dan memijat di sepanjang area bawah mata. Ketuk dengan lembut di sepanjang kulit dan gunakan jari tengah untuk mengalirkan darah.

9. Mengubah pola makan

pexels.com
Foto : pexels.com

Selain mengobati sentuhan langsung dari luar, cara mengatasi mata bengkak dari dalam juga perlu diperhatikan. Salah satunya mengubah pola makan dengan konsumsi makanan yang sehat dan tetap terhidrasi. Ini dapat mengurangi munculnya mata bengkak. Misalnya, kamu bisa mencoba cara-cara yang berikut ini:

  1. Hidrasi: Cobalah untuk minum sekitar delapan sampai sepuluh gelas air per hari. Makan makanan yang kaya akan air, seperti mentimun, dan banyak buah dan sayuran lainnya.
  2. Moderasi: Saat kondisi ini terjadi, maka penting untuk menghindari konsumsi terlalu banyak minuman beralkohol, berkafein, atau berenergi. Minuman-minuman ini bertindak sebagai diuretik dan menandakan dehidrasi.
  3. Pengurangan garam: Kurangi garam dalam makanan olahan. Mengkonsumsi natrium tambahan menyebabkan tubuh menahan air. Retensi cairan dapat menyebabkan mata bengkak.
  4. Daun peterseli: Sumber anekdot menyarankan makan peterseli untuk membantu membuang racun dari ginjal.
  5. Teh herbal: Meskipun menempatkan kantong teh di mata dapat meredakan bengkak, minum teh herbal juga bermanfaat bagi kulit.

Cara mencegah mata bengkak menurut ahli

medicalnewstoday.com
Foto : medicalnewstoday.com
  1. Sangat penting untuk menghindari makanan tinggi natrium seperti pizza, keripik kentang, dan makanan kaleng. Asupan makanan yang tinggi dapat meningkatkan retensi cairan karena sifat hidrofilik garam.
  2. Tidur yang cukup selama enam-delapan jam setiap malam juga merupakan kunci dalam mengurangi bengkak karena kurang tidur dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan tampak merah.
  3. Krim anti-penuaan dan antioksidan yang kaya akan Vitamin K, Vitamin E, dan Vitamin C membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan dan mendukung produksi kolagen sambil berfungsi sebagai agen anti-inflamasi.
  4. Drainase limfatik yang teratur di area bawah mata membantu menghilangkan kelebihan getah bening yang menumpuk di area bawah mata. Drainase limfatik dapat dilakukan dengan memindahkan cairan dari sudut dalam mata ke sudut luar secara lembut dengan pulpa jari manis kamu, sebaiknya dengan minyak biji borage, sekitar 10-15 kali di setiap mata dua kali sehari.
  5. Latihan mata dan yoga wajah juga dapat membantu mengurangi mata bengkak. Gunakan kompres panas dan dingin bergantian untuk setiap mata selama 10 menit untuk meningkatkan drainase limfatik.

Itulah dia beberapa cara mengatasi mata bengkak yang dijamin ampuh untuk kamu coba. Jangan lagi minder dan bingung menutupi matamu itu ya. Semoga berhasil!

Topik Terkait