img_title
Foto : Instagram/@berandajogja

IntipSeleb Gaya Hidup – Yogyakarta punya segudang lokasi wisata yang keren dan patut untuk dikunjungi, salah satunya adalah Hutan Mangrove Kulon Progo. Lokasi wisata yang berada dekat dengan Pantai Congot, Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran Kecamatan Temon, Kulon Progo ini menjadi destinasi terbaru di Yogyakarta.

Banyak yang menjadikan Hutan Mangrove Kulon Progo sebagai destinasi alternatif yang murah dan edukatif. Lantaran lokasinya yang terdekat dengan kawasan pemukiman warga, tak jarang mereka menghabiskan akhir pekan menikmati sunset di Hutan Mangrove Kulon Progo.

Melansur laman Dinas Pariwisata Kulon Progo, ternyata Hutan Mangrove Kulon Promo terbentuk berawal dari tujuan untuk mencegah terjadinya abrasi. Pembuatan kawasan konservasi tannaman bakau oleh kelompok masyarakat ini, kini telah menjadi tempat wisata yang sangat diminati oleh wisatawan lokal.

Hutan Mangrove Kulon Progo menjadi tempat wisata alternatif dan edukatif, yang merupakan kawasan konservasi tanaman bakau pertama yang ada di Yogyakarta. Dengan luas sekitar 3 hektare lebih, kita dapat menikmati hamparan hutan bakau di pesisir pantai dan sungai Bogowoto.

Wisata Mangrove Kulon Progo ini dibagi menjadi tiga kawasan wisata, yaitu wisata Mangrove Pasit Mendhit (Paling barat), kemudian Wisata Mangrove Jembatan Api-api (tengah, dan wisata Mangrove Pantai Kadilangu (Paling timur). Penasaran apa saja yang akan kamu dapat di kawasan Hutan Mangrove Kulon Progo? Simak artikel di bawah ini.

Daya Tarik Wisatawan

Instagram/@jakalagi_
Foto : Instagram/@jakalagi_

Hutan Mangrove Kulon Progo menjadi daya Tarik tersendiri untuk wisatawan lokal, di kawasan sekitar Yogyakarta. Walau baru menjadi kawasan konservasi tanaman bakau pertama di Yogyakarta, namun sudah menarik perhatian wisatawan domestic di luar Yogyakarta.

Bagaimana tidak, pemandangan hijau hutan bakau dan indahnya pesisisr pantai, menjadi daya Tarik tersendiri dari objek wisata yang satu ini. Tak hanya itu, di tempat ini juga disediakan berbagai macam spot-spot foto yang unik dan menarik dengan latar belakang hutan bakau dan pantai.

Mulai dari ayunan, gazebo, jembatan api-api, jalan bambu di antara pohon-pohon bakau, dan masih banyak lagi. Anda bisa menjadikan latar di atas menjadi lokasi spot foto yang ciamik untuk selfie atau berpose bersama keluarga.

Wisatawan dapat menikmati keindahan di setiap hutan mangrove ini dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Untuk menikmati wisata yang menarik dan keren, wisatawan disarankan datang pada pagi hari tepatnya pukul 08.00-10.00 WIB. Atau jika ingin menikmati matahari sore, bisa datang pada pukul 15.30 WIB.

Selain keindahan pemandangan di pagi dan sore hari, saran waktu kunjungan di atas juga lantaran matahari belum terlalu menyengat untuk menerpa wajah. Sehingga udara sejuk dan tenang masih bisa dirasakan.

Dengan pencahayaan yang bagus, wisatawan bisa mengabil berbagai macam foto dan gambar yang sangat mengesankan. Sebenarnya, jika Anda ingin datang di siang hari juga tidak dilarang hanya saja akan sulit menikmati indahnya hutan bakau, karena terik mata hari yang menerpa. Selain itu, jumlah gazebo yang ada pun masih sangat terbatas.

Menikati spot foto di Hutan Mangrove Kulon Progo bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjelajah spot di jembatan api-api. Jembatan ini merupakan titik selfie yang paling disukai oleh wisatawan. Eloknya jembatan ini juga bisa dilihat dari permainan yang disajikan seperti ayunan. Anda bisa mengelola kembali kenangan masa kecil yang indah dengan menikmati ayunan di pinggir pantai.

Sayangnya jika Anda ingin berpose di jembatan api-api, membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra. Sebab banyak orang yang mengantre untuk bisa mendapatkan momen terbaik di jembatan api-api ini.

Selain berpose di jembatan api-api, Anda juga bisa menyusuri pantai Kadilangu, bersama dengan orang terkasih untuk menghilangkan penat dan jenuh setelah sepekan berkegiatan. Anda bisa melihat ikan-ikan yang berenang dan menggemaskan.

Tak hanya ikan yang akan Anda jumpai di Hutan Mangrove Kulon Progo, ada pula kepiting bakau yang tidak kalah lucunya dengan ikan-ikan. Namun sayangnya, wisatawan akan dilarang untuk memancing atau mengambil biota yang ada di hutan mangrove ini.

Jika bosan dengan suasana pantai, Anda juga bisa berjalan menuju sebuah goa Mangrove yang indah dan mempesona. Suasana di Goa Mangrove ini sangat asri dan alami, bahkan tenang, teduh juga sejuk. Berkunjung ke Goa Mangrove akan membuat Anda lebih rileks dan bebas penat.

Terakhir Anda bisa menjadikan lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo sebagai tempat healing di sore hari. Senja sorenya tak kalah menarik jika dibandingkan dengan pagi hari. Pemandangan indah akan kamu dapatkan, sebab langit-langit akan berubah indah dengan warna jingga yang menenangkan, seiring malam datang.

Pastikan Anda tidak kehilangan momen senja di sore hari untuk diabadikan dalam sebuah potret yang cantik.

Rute dan Lokasi

Instagram/@jogjakakilima
Foto : Instagram/@jogjakakilima

Lokasi Hutan mangrove ini berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Anda bisa menempuh jarak hingga dua jam dari arah Yogyakarta. Setelah keluar dari kota Yogyakarta, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda ke Wates, Kulon Progo. Kemudian, dilanjutkan dengan perjalanan menuju pantai Glagah.

Perlu anda ingat, bahwa jalan menuju pantai Congot ini merupakan jalur utama yang menuju kea rah Purworejo. Sebelum masuk ek TPR Pantai Glagah, Anda akan bertemu dengan jalan besar yang Bernama jalan Daendles. Setelah itu bisa berbelok ke kanan, kemudian lurus terus ke arah barat.

Sampai di titik jembatan sungai Bogowonto,menandakan Anda sudah hampir sampai, sebab jalan ini menjadi pembatas antara Kulon Progo dengan Purworejo. Sampai di titik ini, Anda harus menemukan SD Jangkaran, kemudian hati-hati sampai menemukan kembali pertigaan kecil yang akan mengarahkanmu menuju lokasi.

Harga Tiket Masuk

Instagram/@infoyogya
Foto : Instagram/@infoyogya

Berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo, Anda tak perlu merogoh kocek dalam, hanya dengan uang receh senilai Rp3.000-Rp5.000 per orang. Jam operasionalnya pun cukup panjang, mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Jika Anda berasal dari lokasi yang jauh dari Kulon Progo, bisa mencoba untuk bermalam sebelum akhirnya berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo. Di sini terdapat beberapa hotel dengan harga yang sangat murah dan terjangkau, mulai dari Rp150 ribu hingga ratusan ribu dan jutaan pun ada.

Anda bisa menyesuaikannya dengan budged wisata yang sudah dipersiapkan. Jangan lupa untuk membuat perencanaan perjalanan sebelum menuju Hutan Mangrove Kulon Progo ya.

Gunakan sunblock jika Anda akan berlama-lama menikmati pantai, atau juga bisa berkunjung di pagi atau sore hari untuk menghindari paparan sinar matahari yang sangat menyengat.

Lengkapi juga tubuh Anda dengan topi agar tak terlampau kepanasan jika berkunjung di siang hari. Jangan lupa siapkan uang yang cukup untuk berwisata kuliner dan baterai gadget juga memori yang banyak, sebab untuk mengabadikan momen di Hutan Mangrove Kulon Progo membutuhkan banyak ruang memori yang besar.

Bagaimana rekomendasi lokasi wisata terbaru di Kulon Progo ini. Menarik untuk dikunjungi bukan? Selamat berlibur ke Hutan Mangrove Kulon Progo.

Topik Terkait