img_title
Foto : Dokumentasi Istimewa

IntipSeleb Gaya Hidup – Sabun natural kembali curi perhatian masyarakat. Khususnya remaja Indonesia yang aktif menggunakan media sosial.

Meski begitu, pembuatan sabun natural ternyata punya tantangan tersendiri. Seperti apa? Yuk, scroll dan cari tahu.

Tantangan Membuat Sabun Natural

Dokumentasi Istimewa
Foto : Dokumentasi Istimewa

Produk sabun natural di Indonesia diketahui sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun berkat adanya media sosial, semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan sabun berbahan alami ini.

Tidak hanya aman bagi tubuh, penggunaan sabun natural juga disebut berperan dalam menjaga lingkungan sekitar. Sebab sabun natural merupakan pembersih alami yang dibuat dari bahan-bahan organik, yaitu minyak nabati dan tidak mengandung bahan kimia.

Meski terlihat mudah untuk dibuat sendiri di rumah, ternyata menjalankan bisnis sabun natural bukan tanpa kendala. Hendra Dinata, berbagi pengalamannya mengenai proses menjalankan bisnis sabun natural di Indonesia.

Pria asal Sulawesi Utara itu mengaku bahwa dirinya bukanlah seseorang yang berprestasi di sekolah. Bahkan sering menduduki posisi tiga terbawah. Dalam bisnis, ia bahkan hampir menyerah karena menghadapi banyak kendala.

Namun tanpa disangka, sabun natural melambungkan namanya sebagai owner Feed Skin yang bergerak di bidang kosmetik alami.

“Awalnya ikut pelatihan pembuatan sabun natural. Di situ saya juga baru tahu ternyata bisa dibuat dari minyak,” tuturnya.

Setelah berhasil, ia meminta anaknya untuk menjual sabun tersebut di tempat anaknya menimba ilmu. Kendala muncul ketika sabun yang diproduksi dalam bentuk batangan itu mudah habis, dan memiliki tekstur yang lembek saat terkena air.

“Dari situ muncul ide untuk membuat sabun natural dalam bentuk cair. Tapi setelah saya diskusi dengan mentor, ternyata prosesnya tidak mudah. Jadi saya mulai melakukan riset saat itu,” terang Hendra.

Riset Panjang

Dokumentasi Istimewa
Foto : Dokumentasi Istimewa
Topik Terkait