img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Jika membahas Hari Ibu, sebagian besar masyarakat Indonesia pasti akan menyebut tanggal 22 Desember. Lantas, bagaimana dengan Mother’s Day, apakah itu adalah peringatan yang sama?

Ternyata, meski namanya mirip, kedua momentum tersebut berbeda, tak hanya dari segi tanggal, melainkan sejarah dan tempat perayaannya. Berikut, IntipSeleb sudah siapkan informasi mengenai perbedaan Hari Ibu dengan Mother’s Day.

Hari Ibu

freepik.com
Foto : freepik.com

Peringatan Hari Ibu di Indonesia terjadi setiap tanggal 22 Desember 2022. Melansir dari bkd.jogjaprov.go.id, sejarah Hari Ibu di Indonesia bermula dari adanya pertemuan para pejuang perempuan dalam Kongres Perempuan Indonesia I yang diselenggarakan pada 22 hingga 25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Peristiwa ini dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan di Indonesia karena menyatukan pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah di Nusantara. Dari adanya Kongres Perempuan Indonesia pertama ini lalu terjadilah Kongres Perempuan III di Bandung yang kemudian melahirkan keputusan untuk menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Topik Terkait