img_title
Foto : Idewedding.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Topik mengenai nikah di KUA (Kantor Urusan Agama) tengah hangat diperbincangkan warganet. Bahkan, masuk dalam deretan trending Twitter, hari ini, Selasa, 31 Januari 2023. Banyak pasangan yang menunjukkan momen pernikahan mereka yang digelar di KUA namun tetap memancarkan kebahagiaan.

Salah satu publik figur Indonesia, Suhay Salim juga pernah mempopulerkan pilihan menikah di KUA. Lantas, apa sih yang menjadi kelebihannya sehingga membuat banyak pasangan memilih opsi ini? Yuk simak di sini!

1. Hemat Biaya

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Salah satu kelebihan menikah di KUA yang paling sering jadi bahan pertimbangan adalah soal biaya. Nikah di KUA lebih murah dibandingkan menyewa gedung atau venue lainnya. Bahkan, gratis! Sehingga para pengantin bisa menyimpan uang itu untuk biaya rumah tangga yang lebih besar ke depannya.

Hal tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2014. Di mana, pernikahan yang digelar di KUA di jam kerja tidak dikenai biaya Rp0 alias gratis. Namun, kalau dilakukan di luar jam kerja dikenakan Rp600 ribu (biaya nikah di rumah). Biaya tersebut nantinya masuk ke kas negara sebagai Pendapatan negara Bukan Pajak (PNBP) Kementerian Agama.

Topik Terkait