img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupUsus Buntu merupakan organ kecil yang posisinya menempel pada usus besar yang terletak di sisi kanan bawah perut. Fungsi pasti usus buntu sampai saat ini belum jelas, namun para ilmuwan berpendapat bahwa usus buntu adalah tempat bakteri yang baik disimpan sampai dibutuhkan.

Kadang-kadang usus buntu dapat pecah. Jika hal ini terjadi, maka orang tersebut harus menjalani operasi usus buntu yaitu dengan prosedur pembedahan untuk mengangkat usus buntu. Berikut ini beberapa penyebab yang mengakibatkan usus buntu pecah, apa aja? scroll, yuk!

1. Menunda Pengobatan Radang Usus Buntu

Pinterest
Foto : Pinterest

Faktor risiko terbesar pecahnya usus buntu yaitu menunda pengobatan radang usus buntu. Semakin lama kamu membiarkan gejala usus buntu semakin tinggi risiko kamu mengalami pecahnya usus buntu.

Menurut tinjauan literatur tahun 2018 dalam jurnal Pediatric Health, Medicine and Therapeutics, anak-anak yang lebih muda lebih mungkin mengalami pecahnya usus buntu daripada orang dewasa. Alasanya karena anak-anak lebih yang lebih muda kesulitan menjelaskan gejala radang usus buntu mereka kepada orang dewasa.

Topik Terkait