img_title
Foto : Freepik/8photo

IntipSeleb Gaya Hidup – Saat jalani ibada puasa di bulan Ramadan, pasti kamu tetap mau terlihat prima dengan tidak menunjukan bau mulut. Tapi sebenarnya boleh tidak ya sikat gigi, saat sedang berpuasa?

Mau tahu penjelasannya tentang hukum sikat gigi saaat puasa? Scroll artikel di bawah ini.

Sikat Gigi

Freepik/karlyukav
Foto : Freepik/karlyukav

Menyikat gigi atau bersiwak termasuk salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan salat. Ada sedikit perbedaan pendapat di kalangan ulama mazhab terkait hukum sikat gigi saat puasa.

Anjuran sikat gigi atau bersiwak ini disebutkan dalam hadits yang berasal dari Abu Hurairah RA. Ia mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda,



لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ

Artinya: "Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap hendak menunaikan salat." (HR Bukhari)

Disebutkan dalam hadits lain, membersihkan mulut termasuk salah satu perbuatan yang disenangi Allah SWT. Aisyah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

Artinya: "Bersiwak itu membersihkan mulut dan disenangi oleh Allah SWT." (HR an-Nasa'i dalam Al-Thaharah, Bukhari dalam Al-Shaum, Ibnu Majah dalam Al-Thaharah wa Sunnatuha, dan Ahmad dalam Musnad-nya)
Topik Terkait