img_title
Foto : Www.freepik.com/rawpixel.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Bulan Ramadan, mewajibkan umat muslim untuk jalani ibadah puasa. Sebelum azan subuh berkumandang, umat muslim dianjurkan untuk jalani makan sahur.

Bukan hanya untuk mengisi perut jelang puasa, tapi sahur juga punya keberkahan baji yang jalaninya. Berikut artikel lengkapnya.

Makan Sahur

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Salah satu hal yang identik dengan Bulan Ramadhan adalah makan sahur, yaitu sebuah istilah yang mengacu pada makan yang dilakukan dini hari. Mayoritas masyarakat Islam di dunia melaksanakan sahur ketika menjelang adzan Subuh, atau mendekati imsak. Makan sahur sangat disunnahkan bagi orang yang berpuasa.

Dilansir dari NU Online, Rasulullah SAW mengatakan bahwa santapan hidangan sahur itu penuh berkah, sebagaimana dalam keterangan hadist riwayat Ahmad berikut:



وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Artinya, "Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah sawbersabda, 'Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur." (HR. Ahmad)

Topik Terkait