img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Gaya Hidup – Muncul informasi terkait pengganti dari Firaun yang telah meninggal dunia. Diketahui, firaun bernama Ay yang dijuluki oleh ‘Bapa Tuhan’.

Diketahui, Ay merupakan firaun dinasti ke-18 Mesir Kuno. Lantas, siapakah sosok pengganti firaun ketika meninggal dunia? apakah sosoknya keturunannya masih ada hingga sekarang? Yuk, intip artikel selengkapnya di bawah ini!

Firaun Ay Dijuluki Bapa Tuhan

freepik
Foto : freepik

Terkenal raja laki-laki Mesir kuno yang naik tahta saat masih kecil, meninggal dunia ketika dia berusia sekitar 19 tahun, antara 1327 SM dan 1323 SM adalah Tutankhamun. Namun, kematian Tut tidak terduga menyebabkannya tidak meninggalkan pewaris takhta.

Melansir dari laman Science Alert, Senin, 3 April 2023, setelah Raja Tut meninggal dunia, seorang Firaun bernama Ay (dieja Aya) naik tahta dan memerintah selama sekitar empat tahun hingga meninggal dunia. Diketahui, Ay telah menjadi pejabat kerajaan senior selama bertahun-tahun dan mungkin adalah ayah dari Nefertiti, istri dari ayah Tut, Akhenaten.

Ay adalah firaun dinasti ke-18 Mesir Kuno yang berkuasa selama empat tahun (kemungkinan 1323–1319 SM atau 1327–1323 SM, tergantung kronologi mana yang dipakai). Meskipun Ay adalah penasihat dekat dua atau tiga firaun sebelumnya, ia juga adalah kekuatan dibalik takhta Tutankhamun

Topik Terkait