img_title
Foto : Learn Religion

IntipSeleb Gaya Hidup – Kamis, 6 April mendatang diperingati oleh seluruh umat Kristen sebagai peringatan Kamis Putih. Pada hari yang dianggap sakral ini, umat Kristen memperingati perjamuan terakhir sebelum Yesus disalib.

Lantas, bagaimana sejarah dan makna dari hari Kamis Putih? Simak di bawah ini selengkapnya!

Sejarah Kamis Putih

North American Lutheran Church
Foto : North American Lutheran Church

Kamis Putih atau disebut juga "Maundy Thursday" merupakan rangkaian dari perayaan Pekan Suci dalam agama Kristen. Pekan Suci sendiri adalah serangkaian perayaan agama yang diadakan menjelang Paskah untuk memperingati kisah kehidupan, penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus Kristus.

Kamis Putih diadakan pada hari Kamis sebelum Paskah. Dalam Kristen sendiri, hari ini diperingati sebagai hari terakhir Yesus berkumpul bersama murid-muridnya sebelum ia ditangkap dan disalibkan.

Nama "Kamis Putih" berasal dari praktik kerajaan Inggris pada Abad Pertengahan, di mana Raja akan memberikan "mandatum" atau perintah untuk memberi makan fakir miskin pada hari ini. Dalam perayaan Kamis Putih, umat Kristen mengenang peristiwa penting dalam kisah Alkitab saat Yesus mengadakan Perjamuan Terakhir bersama murid-muridnya.

Topik Terkait