img_title
Foto : Indonesia travel

IntipSeleb Gaya HidupLombok dikenal dengan destinasi wisata yang memukau dan eksotis. Pulau ini dikenal dengan keunikan sendiri dan mendapatkan julukan Pulau Seribu Masjid.

Lantas, apa penyebabnya Pulau Lombok dijuluki Pulau Seribu Masjid? Berapakah jumlah masjid sebenarnya? Yuk, intip artikel selengkapnya di bawah ini!

Asal Mula Dijuluki Pulau Seribu Masjid

Indonesia travel
Foto : Indonesia travel

Pulau Lombok terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terkenal karena keindahan alamnya. Lombok juga memiliki ciri khas tentang betapa kuatnya ajaran Islam di wilayah ini.

Berdasarkan Standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, Lombok berada di urutan teratas sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia. Tak hanya itu, Pulau Lombok juga memperoleh julukan sebagai Pulau Seribu Masjid.

Asal mula julukan itu adalah ketika Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Effendi Zarkasih tengah melakukan kunjungan kerja pada 1970. Selain itu, Lombok juga mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam sehingga menjadi sebuah wilayah yang mendapat julukan Pulau Seribu Masjid.

Topik Terkait