img_title
Foto : Www.freepik.com/freepik

IntipSelebPuasa Arafah merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam hadis riwayat Imam Muslim, beliau bersabda, "Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa-dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya." Hal ini menunjukkan betapa besar nilainya puasa Arafah dalam mendapatkan pengampunan Allah SWT atas dosa-dosa kita.

Lantas, seperti apakah keutamaan dan cara melaksanakan puasa Arafah? Yuk, intip artikel di bawah ini!

Keutamaan Puasa Arafah

Menyegerakan berbuka puasa

Puasa Arafah dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, dan hubungan intim mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada hari ini, jutaan jamaah haji yang berada di Mina juga melaksanakan puasa ini sebagai bagian dari rangkaian ibadah haji.

Selain mendapatkan pengampunan dosa, puasa Arafah juga memiliki makna yang lebih dalam. Hari Arafah sendiri adalah hari di mana para jamaah haji berkumpul di Padang Arafah. Tempat ini memiliki makna penting dalam sejarah Islam, di mana Nabi Adam AS dan Siti Hawa bertemu setelah dipisahkan di bumi. Tempat ini juga menjadi tempat utama untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Puasa Arafah juga memiliki hubungan erat dengan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha merupakan peringatan atas pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang siap mengorbankan putranya, Nabi Ismail AS, atas perintah Allah SWT. Puasa Arafah mengingatkan kita akan pengorbanan dan ketakwaan Nabi Ibrahim AS serta kepatuhan Nabi Ismail AS kepada kehendak Allah SWT.

Topik Terkait