img_title
Foto : Freepik/wirestock

IntipSeleb – Hari Raya Idul Adha merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai perayaan agama, Idul Adha juga melibatkan pelaksanaan ibadah kurban. Bagi sebagian keluarga, kurban 1 kambing menjadi pilihan yang umum.

Artikel ini akan menjelaskan tentang hukum kurban 1 kambing bagi keluarga, serta makna dan pelaksanaannya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Hukum Kurban dalam Islam

Hewan kurban

Kurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Hukum kurban berdasarkan syariat Islam adalah sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan dan ditekankan untuk dilakukan oleh umat Muslim.

Sebagaimana firman Allah pada Al Hajj ayat 34-35:

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ - ٣٤ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَالصَّابِرِيْنَ عَلٰى مَآ اَصَابَهُمْ وَالْمُقِيْمِى الصَّلٰوةِۙ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ - ٣٥

Artinya: "Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah hati mereka bergetar, orang yang sabar atas apa yang menimpa mereka, dan orang yang melaksanakan salat dan orang yang menginfakkan sebagian rezeki yang Kami karuniakan kepada mereka."

Topik Terkait