img_title
Foto : Berbagai sumber

KlatenSop ayam Klaten menjadi salah satu kuliner Klaten yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota yang satu ini.

Di antara banyaknya jenis sop ayam enak di Klaten, salah satu yang populer dan menjadi ikoniknya adalah Sop Ayam Pak Min. Kira-kira seperti apa ya ulasan Sop Ayam Pak Min Klaten? Yuk intip reviewnya di bawah ini.

Sop Ayam Klaten Pak Min

Sop ayam klaten

Ketika berkunjung ke daerah Klaten, Jawa Tengah, mungkin kamu akan mulai menyadari banyaknya toko sop ayam yang berjejer di pinggir jalan.

Salah satu tempat makan sop ayam yang menarik perhatian adalah Sop Ayam Pak Min yang memiliki umbul-umbul berwarna hijau neon dengan tulisan berwarna merah.

Jika melihat tempat makan ini, sebaiknya kamu belokan kendaraan kamu untuk mampir dan mencicipi Sop Ayam Klaten yang cukup fenomenal.

Pada dasarnya, Sop Ayam Pak Min memiliki sajian yang sederhana. Yakni semangkuk sop ayam yang memiliki kaldu bening bercita rasa gurih dan segar tanpa sayur pelengkap.

Benar-benar hanya potongan ayam yang disiram kuah kaldu saja. Akan tetapi, rasanya yang segar dan enak akan membuat kamu merasa kurang jika hanya makan seporsi saja.

Kamu bisa menikmati Sop Ayam Klaten ini bersama dengan nasi putih hangat. Untuk isiannya, kamu juga bisa memilih lho. Ada yang diisi dengan full bagian paha, dada, kepala, sayap maupun campur.

Selain rasanya yang juara, Sop Ayam Pak Min Klaten ini memiliki harga yang terbilang cukup murah, yakni mulai dari Rp8000.

Sejarah Sop Ayam Pak Min Klaten

Sop Ayam Klaten

Buat kamu yang penasaran dengan Sejarah Sop Ayam Pak Min, awalnya Sop Ayam Klaten ini dibuka di depan Inspektorat Bawasda Klaten puluhan tahun yang lalu.

Pak Min sendiri merupakan warga Klaten. Kemudian sepeninggalan Pak Min, resep Sop Ayam Pak Min ini kemudian diwariskan kepada empat anak lelakinya, yakni Sop Ayam Pak Min (Pak Sipit), Sop Ayam Pak Min (Pak Mul), Sop Ayam Pak Min (Pak Tri ), dan Sop Ayam Pak Min (Pak Ragil).

Hingga kini, warung Sop Ayam Pak Min ini sudah memiliki cabang di tiap kota Indonesia. Jadi buat kamu yang ingin mencicipinya, tak perlu jauh-jauh pergi ke Klaten, ya!

Topik Terkait