img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki kekayaan alam yang tak terhingga. Salah satu kekayaan tersebut adalah Taman Nasional Bunaken, sebuah surga bawah laut yang menakjubkan.

Terletak di Utara Pulau Sulawesi, taman nasional ini merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer bagi para penyelam dan pecinta alam. Penasaran seperti apakah informasi lebih lanjut? Yukm cek selengkapnya.

Sejarah Taman Nasional Bunaken

Taman nasional bunaken

Taman Nasional Bunaken didirikan pada tahun 1991 dan memiliki luas sekitar 89.065 hektar. Sebagian besar wilayah taman nasional ini terdiri dari perairan laut dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Di dalamnya terdapat lebih dari 390 jenis karang yang hidup bersama dengan 90 jenis ikan hias, serta berbagai spesies laut lainnya seperti ubur-ubur, penyu, lumba-lumba, dan paus. Keindahan bawah laut yang memukau ini membuat Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia.

Salah satu keunikan Taman Nasional Bunaken terletak pada keanekaragaman terumbu karangnya. Terumbu karang di sini dikenal sebagai "The Coral Triangle" karena merupakan pusat keragaman hayati terbesar di dunia.

Topik Terkait