img_title
Foto : Instagram/taeoxo_nct

Jakarta – Cafe Batavia adalah salah satu tempat ikonik di Jakarta yang terletak di kawasan Kota Tua. Tempat ini memiliki sejarah panjang yang mencerminkan warisan budaya kota ini. Dengan arsitektur klasik dan dekorasi yang memukau, Cafe Batavia tidak hanya menjadi tempat nongkrong yang populer, tetapi juga menghadirkan pengalaman mengenai masa lalu yang kaya.

Cafe Batavia berlokasi di sebuah gedung peninggalan kolonial Belanda yang dikenal sebagai Gedung Batavia. Gedung ini awalnya dibangun pada tahun 1805 oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels sebagai gedung pusat administrasi Batavia. Selama abad ke-19, gedung ini berfungsi sebagai Balai Kota dan kemudian sebagai kantor pemerintahan Hindia Belanda.

Lantas, seperti apakah sejarah dan menu favorit makanan dari Cafe Batavia ? Yuk, intip artikel di bawah ini!

Sejarah Cafe Batavia



Pada tahun 1990, Cafe Batavia didirikan oleh seorang warga negara Belanda bernama Peter A. J. T. H. van Oosterom. Ia jatuh cinta pada keindahan dan sejarah Gedung Batavia, dan melihat potensinya untuk menjadi tempat kopi yang menarik. Cafe Batavia menjadi populer di kalangan wisatawan dan penduduk setempat karena kesetiaannya dalam mempertahankan keaslian arsitektur kolonial dan interior vintage.

Masuk ke dalam Cafe Batavia, pengunjung akan dibawa kembali ke masa lalu dengan suasana yang begitu kental. Dekorasi dalam cafe ini terdiri dari barang-barang antik, seperti lampu gantung bergaya vintage, lukisan-lukisan tua, kursi-kursi kayu, dan meja-meja marmer.

Teras yang luas dengan pemandangan ke Taman Fatahillah menjadikan tempat ini sempurna untuk menikmati secangkir kopi sambil menikmati pemandangan Kota Tua yang klasik.

Topik Terkait