img_title
Foto : Pexels.com

Jakarta – Memiliki rumah sendiri merupakan keinginan setiap orang. Apalagi, bagi mereka yang baru saja membina rumah tangga, hunian merupakan hal utama yang diincar sebelum membeli investasi barang lainnya.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli rumah pertama, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Supaya tidak salah membeli, intip 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah hunian pertama.

1. Lokasi

pexels.com
Foto : pexels.com

Pertimbangan pertama yang mesti dipikirkan sebelum memilih rumah untuk dibeli adalah lokasi. Karena lokasi dapat mempengaruhi harga dari rumah yang ingin dibeli.

Hal tersebut dapat membantu untuk mempersiapkan finansial seseorang sebelum membeli rumah. Selain itu, memilih lokasi yang dianggap cocok juga berguna untuk merencanakan investasi jangka panjang jika suatu hari berniat untuk menjual.

Untuk lokasi, pastikan rumah berada di titik sestrategis mungkin. Hal ini akan memberikan keuntungan lebih dibandingkan rumah yang tidak strategis.

2. Pengembang Terpercaya

pexels.com
Foto : pexels.com

Selanjutnya, memilih pengembang terpercaya. Poin ini dapat dibilang tidak mudah. Meski begitu, calon pembeli mesti jeli untuk urusan memilih pengembang.

Sekarang, cara memilih pengembang terpercaya dipermudah dengan perkembangan zaman. Calon pembeli dapat mencari satu-persatu penyedia jasa ini melalui internet.

Setidaknya, ada beberapa pertimbangan dalam memilih pengembang. Di bawah ini beberapanya:

- Surat izin pembangunan properti;

- Legalitas bangunan properti; serta

- Hindari membayarkan uang muka ke developer sebelum KPR disetujui

3. Memiliki Lingkungan yang Kondusif

pexels.com
Foto : pexels.com

Poin ketiga tidak kalah penting. Seseorang mesti juga mempertimbangkan faktor lingkungan yang kondusif.

Pertimbangan ini juga bermanfaat bagi orang yang memiliki anak kecil. Hal ini bermanfaat untuk lingkungan tumbuh buah hati.

Bukan hanya itu, memilih lingkungan yang aman juga sangat penting dilakukan. Sebab, tak ada orang yang ingin barangnya digondol orang lain.

4. Pertimbangkan Harga Terbaik

pexels.com
Foto : pexels.com

Terakhir, seseorang mesti mempertimbangkan harga terbaik untuk sebuah rumah. Tentu saja, memilih hunian tak hanya merogoh kocek yang sedikit. Maka dari itu, pembeli mesti sangat arif dalam mempertimbangkan poin ini.

Mulai dari material yang digunakan hingga lokasi hunian akan berpengaruh pada harga yang harus dibayar. Selain itu, harga beli juga mesti jadi pertimbangan jika suatu hari ingin menjual rumah tersebut.

Topik Terkait