img_title
Foto : Istimewa

IntipSeleb – Konsorsium Kangen Pacitan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan, dan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI menggelar Festival Rawat Jagat #2 pada tanggal 29 Juli 2023 mendatang dengan tema "Nature & Environment".

Festival ini rutin diselenggrakan oleh pemerintah dan masyarakat Pacitan sebagai ajang melestarikam budaya. Benarkah? Yuk intip artikelnya!

Festival Ruwat Jagat Pacitan

Istimewa
Foto : Istimewa

Rawat Jagat #2 dikemas dalam bentuk festival sebagai sebuah peristiwa kebudayaan, yang tidak saja untuk menggerakan ekosistem kebudayaan di Pacitan, tetapi juga sebagai cara kreatif masyarakat Pacitan mengkolaborasikan tradisi dengan seni pertunjukan kekinian yang bisa dinikmati semua lapisan masyarakat, termasuk para traveler dan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

"Rawat Jagat #2 ini berangkat dari tradisi masyarakat di Pacitan merayakan syukur kepada Tuhan, sekaligus sebagai pengingat bagi kita semua penghuni semesta ini untuk merawat dan menjaga keseimbangan alam." Ujar Abdilah Yusuf, dari Konsorsium Kangen Pacitan, Rabu, 26 Juli 2023.

Secara terpisah Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji menyatakan bahwa Pacitan memiliki sejumlah potensi kebudayaan, juga potensi alam yang indah. Namun, sebagaimana daerah pesisir selatan laut Jawa lainnya, Pacitan juga berhadapan dengan berbagai potensi bencana alam berupa gempa, tsunami, banjir, dan lainnya.

Topik Terkait