img_title
Foto : Pethelpful

IntipSeleb – Tanggal 29 Juli diperingati sebagai Hari Harimau Sedunia. Hari Harimau Sedunia memperingati keberagaman hayati serta pentingnya keberlanjutan konservasi bagi salah satu hewan ikonik yang paling mengancam, harimau.

Di balik peringatan ini, terdapat sejarah yang kaya dan pentingnya memahami upaya pelestarian harimau untuk masa depan ekosistem kita. Yuk, intip sejarah Hari Harimau Sedunia yang diperingati pada 29 Juli!

Sejarah Hari Harimau Sedunia

Tree hugger
Foto : Tree hugger

Sejarah Hari Harimau Sedunia dimulai pada tahun 2010 ketika negara-negara anggota dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi lingkungan seperti WWF (World Wide Fund for Nature) mengadopsi perjanjian sejarah yang dikenal sebagai Deklarasi St. Petersburg tentang Harimau.

Deklarasi ini ditandatangani oleh 13 negara tempat harimau masih hidup pada saat itu, dengan tujuan utama melindungi spesies yang terancam punah ini. Tiga belas negara itu berkumpul demi menciptakan Tx2, sebuah tujuan global untuk menggandakan jumlah harimau liar pada tahun 2022.

Hari Harimau Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 2011. Tujuan Hari Harimau Internasional adalah untuk mempromosikan sistem global untuk melindungi habitat alami harimau dan untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan publik terhadap masalah konservasi harimau.

Topik Terkait