img_title
Foto : Freepik/jcomp

IntipSeleb – Hari Persahabatan Internasional adalah perayaan yang mempromosikan dan mendorong nilai-nilai persahabatan, kedamaian, dan solidaritas di antara berbagai bangsa di seluruh dunia. Momen tersebut diperingati setiap tanggal 30 Juli,

Hari Persahabatan Internasional menandai pentingnya menjalin hubungan positif dan saling mendukung antarindividu, komunitas, dan negara. Yuk intip sejarah dan maknanya.

Asal-Usul Sejarah Hari Persahabatan Internasional

Freepik/author freepik
Foto : Freepik/author freepik

Perayaan hari persahabatan internasional mengajak orang-orang untuk melampaui batasan budaya, etnis, dan politik, serta membangun hubungan yang menghargai keberagaman dan mendorong kerjasama lintas batas.

Hari Persahabatan Internasional pertama kali diusulkan oleh Cruzada Mundial de la Amistad (Pergerakan Persahabatan Dunia) di Paraguay pada tahun 1958. Organisasi ini berusaha untuk menciptakan hubungan lebih baik antara negara-negara di Amerika Latin setelah perang yang melibatkan beberapa negara di wilayah tersebut.

Namun, perayaan ini baru diakui secara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2011 melalui resolusi yang mengakui pentingnya persahabatan sebagai sarana membangun perdamaian dan kerja sama global.

Topik Terkait