img_title
Foto : Just One Cookbook

IntipSelebResep Yakitori dapat dibuat sendiri di rumah. Yakitori adalah hidangan tradisional Jepang yang terdiri dari potongan daging yang ditusuk pada tusukan bambu atau logam, kemudian dipanggang hingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan lezat.

Hidangan ini telah menjadi favorit di seluruh dunia karena kesederhanaan resepnya dan cita rasanya yang menggoda. Jika ingin mencoba membuat yakitori di rumah dengan mudah dan praktis, berikut adalah resep yang dapat kamu ikuti.

1. Bahan-bahan Resep Yakitori

Just One Cookbook
Foto : Just One Cookbook

- 400 gram daging ayam (daging dada atau paha), potong dadu kecil
- 1/4 cangkir kecap manis
- 2 sendok makan mirin (anggur beras Jepang) atau bisa diganti dengan cuka beras manis
- 2 sendok makan sake (anggur beras Jepang) atau air
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan minyak wijen
- 1 bawang bombay, potong dadu kecil
- Tusukan bambu atau logam untuk membentuk yakitori

2. Cara Membuat Resep Yakitori

Hungry Huy
Foto : Hungry Huy

1. Persiapan Awal

- Siapkan semua bahan yang diperlukan dan potong daging ayam menjadi dadu kecil. Dianjurkan untuk membuang lemak ekstra dari daging agar hasilnya lebih sehat dan lezat.
- Rendam tusukan bambu (jika menggunakan bambu) dalam air selama beberapa menit untuk mencegah mereka terbakar saat memanggang.

2. Membuat Marinasi

- Dalam sebuah mangkuk, campurkan kecap manis, mirin, sake (atau air), gula pasir, dan minyak wijen. Aduk rata hingga gula larut sepenuhnya dalam campuran.
- Tambahkan potongan daging ayam ke dalam mangkuk marinasi, pastikan semua potongan terendam dalam campuran kecap dan bumbu. Tutup mangkuk dengan plastik wrap dan diamkan selama minimal 30 menit (atau lebih lama jika menginginkan cita rasa yang lebih kaya).

3. Menyusun Yakitori

- Panaskan panggangan atau grill dengan api sedang. Kamu juga bisa menggunakan wajan datar anti lengket jika tidak memiliki panggangan.
- Ambil potongan daging ayam dari marinasi dan tata di tusukan bambu, sekitar 3-4 potongan daging untuk setiap tusukan. Jika kamu menggunakan tusukan logam, pastikan untuk memberikan sedikit ruang di antara potongan daging agar panas merata saat memanggang.

4. Memanggang Yakitori

- Letakkan tusukan yakitori di atas panggangan yang sudah dipanaskan atau wajan datar anti lengket. Panggang daging ayam selama 2-3 menit di setiap sisi atau hingga matang sempurna dan warnanya kecokelatan.
- Saat memanggang, kamu bisa menyiramkan sisa marinasi di atas yakitori untuk menambahkan rasa dan kilauan yang lezat pada daging.

5. Penyajian

- Setelah matang, angkat yakitori dari panggangan dan sajikan segera. Kamu bisa menambahkan bawang bombay yang telah dipotong kecil-kecil sebagai hiasan.
- Yakitori nikmat disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai bagian dari makanan utama. Sajikan hangat-hangat bersama nasi putih atau sajian sayuran segar.

Sekarang Anda memiliki resep yakitori yang mudah dan praktis untuk dicoba di dapur kamu sendiri. Hidangan ini pasti akan menjadi pemenang di antara keluarga dan teman-teman, karena cita rasanya yang otentik dan menarik. Selamat mencoba! (rth)

Topik Terkait