img_title
Foto : Www.freepik.com/Lifestylememory

IntipSelebRadang tenggorokan adalah kondisi umum yang dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, serta iritasi akibat alergi atau udara kering. Selain perawatan medis yang sesuai, pola makan yang tepat dapat membantu meringankan gejala dan mempercepat pemulihan.

Yuk, intip rekomendasi makanan yang dapat membantu menghindari atau meredakan radang tenggorokan.

1. Teh Herbal

Pinterest
Foto : Pinterest

Teh herbal seperti teh chamomile, teh jahe, dan teh peppermint memiliki efek meredakan dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan.

2. Madu

healthline.com
Foto : healthline.com
Madu memiliki sifat antibakteri dan antiviral alami yang membantu melawan infeksi penyebab radang tenggorokan. Campurkan madu ke dalam teh hangat atau konsumsi langsung sebagai cara alami meredakan radang.

3. Sup Kaldu

Freepik.com
Foto : Freepik.com

Sup kaldu ayam atau sayuran hangat dapat membantu melonggarkan lendir dan meredakan iritasi pada tenggorokan. Pilih sup dengan kandungan garam yang seimbang untuk membantu menghidrasi tubuh.

4. Buah dan Sayuran Berair

Pinterest
Foto : Pinterest

Buah-buahan seperti semangka, mentimun, dan jeruk memiliki kandungan air yang tinggi dan membantu menjaga tenggorokan tetap lembap. Sayuran hijau seperti bayam dan selada juga membantu memberikan hidrasi ekstra.

5. Yogurt dan Probiotik

Yogurt mengandung probiotik alami yang dapat membantu menjaga keseimbangan flora bakteri dalam tubuh, termasuk di tenggorokan. Probiotik juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Oatmeal dan Sereal Berfiber

Freepik
Foto : Freepik

Makanan berserat tinggi seperti oatmeal dan sereal gandum utuh membantu menjaga pencernaan sehat dan mengurangi risiko radang tenggorokan.

7. Pisang

www.freepik.com/azerbaijan_stockers
Foto : www.freepik.com/azerbaijan_stockers

Pisang lembut dan mudah dikonsumsi, membantu meredakan iritasi pada tenggorokan. Pisang juga mengandung vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan tubuh.

8. Daging Rendah Lemak

Freepik
Foto : Freepik

Daging seperti ayam tanpa kulit, ikan, atau tahu rendah lemak adalah sumber protein yang baik untuk pemulihan, tanpa meningkatkan beban pada tenggorokan.

9. Makanan Berkekuatan Antioksidan

www.freepik.com/azerbaijan_stockers
Foto : www.freepik.com/azerbaijan_stockers

Buah-buahan beri, seperti blueberry dan raspberry, mengandung antioksidan yang membantu meredakan peradangan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

10. Air Hangat dan Garam

Pinterest
Foto : Pinterest

Kumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi peradangan.

Ingatlah bahwa makanan tersebut sebaiknya diambil dalam jumlah yang wajar dan sebagai bagian dari pola makan seimbang. Jika radang tenggorokan kamu berlanjut atau parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Makanan hanya dapat menjadi bagian pendukung dalam meredakan gejala radang tenggorokan, dan perawatan medis tetaplah penting.

Topik Terkait