img_title
Foto : Orami

IntipSelebBersin adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan partikel asing atau iritasi dari saluran pernapasan. Namun, ada kalanya seseorang merasa perlu menahan bersin karena situasi sosial atau alasan lain. Meskipun tampak tidak berbahaya, menahan bersin sebenarnya dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Lantas bagaimana kasus dan bahaya menahan bersin? Yuk, intip artikel di bawah ini!

Bahaya Menahan Bersin

Orami
Foto : Orami

Menahan bersin dapat menyebabkan tekanan yang meningkat dalam rongga dada dan tenggorokan. Hal ini bisa berakibat buruk pada telinga tengah dan bahkan mengakibatkan cedera pada membran timpani. Dalam kasus yang ekstrem, ini dapat mengakibatkan retaknya gendang telinga.

Selain itu, menahan bersin dapat mengakibatkan peningkatan tekanan dalam kepala. Hal ini bisa menjadi risiko terutama bagi mereka yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau masalah pembuluh darah. Menahan bersin juga dapat mempengaruhi sirkulasi darah, karena meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

Tidak hanya itu, menahan bersin juga dapat memicu ketegangan pada otot-otot leher, punggung, dan dada. Ini bisa berujung pada ketidaknyamanan dan rasa sakit pada area tersebut. Terlebih lagi, menahan bersin bisa membuat tubuh kehilangan kesempatan untuk membersihkan saluran pernapasan dari iritasi atau partikel yang mungkin ada.

Topik Terkait