img_title
Foto : Instagram/@isyanasarasvati

Jakarta – Beberapa waktu lalu, tepatnya di bulan April melalui akun Instagram pribadinya, Isyana Sarasvati mengaku dirinya didiagnosa penyakit autoimun alias lupus. Bahkan katanya, dia sampai harus bolak-balik ke rumah sakit kala itu.

Meskipun sempat menderita sakit yang serius, namun kondisi sang pelantun lagu 'Tetap Dalam Jiwa' itu kondisinya sudah jauh lebih baik. Lantas apa itu penyakit lupus yang pernah diidap Isyana Sarasvati? Penasaran? Yuk intip artikel di bawah ini!

Pengertian Penyakit Lupus

IST
Foto : IST

Lupus merupakan suatu penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem imun tubuh yang bekerja dengan keliru. Saat kondisi normal, sistem imun seharusnya melindungi tubuh dari serangan infeksi virus atau bakteri.

Sementara, pada pengidap penyakit lupus, sistem imun justru menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Diketahui bahwa inflamasi yang terjadi akibat lupus bisa menyerang berbagai bagian tubuh, diantaranya sel darah dan paru-paru.

Penyakit tersebut memiliki beberapa jenis yang berbeda. Salah satunya lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE).

Topik Terkait