img_title
Foto : China plus

IntipSeleb – Sistem kesehatan dan budaya di China memiliki peran penting dalam mendorong kesehatan dan umur panjang. Bagaimana sistem kesehatan dan budaya China berkontribusi terhadap kesehatan umur panjang?

Usut punya usut, ternyata orang China memiliki beberapa kebiasaan untuk awet muda dan umur panjang. Apa saja? Yuk intip artikel di bawah ini!

Sistem Budaya di China

china plus
Foto : china plus

Diketahui bahwa China memiliki sistem pelayanan kesehatan yang luas dan berkembang. Pelayanan kesehatan yang terjangkau dan tersedia di berbagai tingkatan, mulai dari pusat kesehatan desa hingga rumah sakit kelas dunia di kota-kota besar. Bahkan untuk obat tradisional Tiongkok (Traditional Chinese Medicine/TMC) telah menjadi bagian penting dari budaya dan perawatan kesehatan di China selama ribuan tahun.

Beberapa orang masih mengandalkan pengobatan tradisional ini sebagai alternatif atau pelengkap perawatan medis modern. Tak hanya itu, budaya China cenderung mendorong pencegahan daripada pengobatan. Banyak orang mengikuti pola makan yang seimbang, berolahraga teratur, dan menghindari kebiasaan yang merugikan kesehatan, seperti merokok.

Kemudian, rumah sakit di China memiliki poliklinik khusus yang berfokus pada pemeriksaan kesehatan rutin dan pemeliharaan kesehatan. Ini mendorong pendekatan preventif dalam perawatan. Selain itu, untuk aktivitas fisik seperti tai chi dan qigong adalah bagian penting dari budaya Tiongkok. Gerakan-gerakan ini dianggap dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kesejahteraan fisik serta mental.

Topik Terkait