img_title
Foto : Islam.nu.or.id

IntipSelebDajjal dianggap sebagai salah satu pertanda datangnya kiamat.

Dalam berbagai hadits, disebutkan bahwa beberapa kelompok akan menjadi pengikut Dajjal, dan mayoritas dari mereka adalah wanita. Siapa saja yang lainnya?

Kemunculan Dajjal

saintif.com
Foto : saintif.com

Kemunculan Dajjal diungkapkan dalam riwayat yang berasal dari Hudzaifah bin Usaid, seperti yang dicatat dalam kitab Nihayatul 'Alam karya Muhammad al-'Areifi.

Rasulullah SAW lalu bertanya, "Apa yang sedang kalian perbincangkan?" Mereka menjawab, "Kami sedang memperbincangkan hari kiamat. Nabi Muhammad pun bersabda, "Sesungguhnya kiamat belum akan terjadi sampai kalian melihat sepuluh tanda: kemunculan kabut, keluarnya Dajjal, keluarnya binatang melata, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, amblasnya bumi di tiga tempat, yaitu di timur, di barat, dan di Jazirah Arab. Lalu, yang terakhir api yang keluar dari Yaman yang akan menggiring manusia ke Padang Mahsyar." (HR Muslim. Hadits ini juga termuat dalam Musnad Ahmad dan Sunan Al-Arba'ah)

Dajjal digambarkan sebagai seorang pemuda berambut keriting dengan mata buta di satu sisi. Ia akan menyebabkan kekacauan dan kebingungan di antara manusia. Rasulullah SAW bersabda,

Topik Terkait