img_title
Foto : Instagram/nadiemmakarim

Jakarta Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), buka suara soal skripsi yang terkadang memberatkan mahasiswa. Baru-baru ini, dirinya mengatakan jika mahasiswa tidak perlu skripsi.

Nadiem Makarim pun mengajukan opsi lainnya untuk menentukan kelulusan. Yuk intip pernyataan dari Mendikbudristek di bawah ini.

Pembahasan Soal Skripsi

Instagram/nadiemmakarim
Foto : Instagram/nadiemmakarim

Nadiem Makarim selaku Mendikbudristek menyatakan jika skripsi harusnya bukan menjadi syarat lulus mahasiswa. Terlebih dengan banyaknya program studi yang ada.

"Kalau kita ingin menunjukan kompetensi dalam bidang yang technical, apakah penulisan karya ilmiah yang di-publish secara scientific itu adalah cara yang tepat untuk mengukur kompetensi dia dalam technical skill itu?," ungkap Nadiem Makarim, dilansir dari kanal YouTube KEMENDIKBUD RI pada 30 Agustus 2023.

Menurutnya, setiap program studi punya kebebasan sendiri untuk menentukan untuk kompetensi standar lulus setiap mahasiswanya. Nadiem Makarim juga membebaskan setiap universitas untuk implementasi teori dan praktek untuk mahasiswanya yang jadi standar untuk lulus.

Topik Terkait