img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Bawang putih, dengan rasa dan aroma yang khas, telah digunakan dalam masakan tradisional di seluruh dunia selama berabad-abad. Selain memberikan rasa lezat pada hidangan, bawang putih juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan ketika dikonsumsi dalam bentuk mentah.

Inilah beberapa manfaat makan bawang putih mentah. Yuk intip apa saja!

1. Mencegah Virus dan Bakteri

MSN
Foto : MSN

Bawang putih mentah mengandung senyawa allicin, yang telah dikaitkan dengan sifat antimikroba. Allicin dapat membantu melawan berbagai infeksi, termasuk infeksi bakteri dan virus.

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Bawang putih mentah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa allicin dan senyawa lain dalam bawang putih dapat memperkuat pertahanan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Freepik
Foto : Freepik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mentah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurut dokter Saddam Ismail, bawang putih mentah punya kandungan alicin. Kandungan tersebut baik untuk orang yang punya penyakit hipertensi.

“Orang yang punya tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa mencoba bawang putih ini yang untuk mengontrol tekanan darahnya,” ungkap dokter Saddam Ismail, dilansir dari kanal YouTubenya pada 10 September 2023.

“Nah ini karena kandungan alicin tadi, nah itu caranya dipotong, digeprek atau dikunyah,” sambungnya lagi.

4. Menurunkan Resiko Kanker

Pinterest
Foto : Pinterest

Sejumlah studi telah mengaitkan konsumsi bawang putih dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker lambung dan usus besar. Terdpat kandungan sulfur aktif yang memiliki sifat antikanker.

“Bawang putih juga mengandung sulfur aktif, nah ini lah yang mencegah timbulnya sel-sel-sel kanker kemudian juga mencegah penyebarannya dalam tubuh,” ungkap dokter Saddam Ismail.

5. Menyokong Kesehatan Jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Bawang putih mentah dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah dan mengurangi peradangan.

6. Menyokong Kesehatan Pencernaan

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Bawang putih mentah dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan. Selain itu, memakan bawang putih mentah juga bisa meningkatkan keseimbangan mikroflora usus.(prl).

Topik Terkait