img_title
Foto : Google lens

IntipSelebOverthinking atau berpikir berlebihan merupakan istilah yang kerap dijumpai sekarang ini. Overthinking sendiri merupakan istilah yang sering ditunjukan pada orang-orang yang terlalu banyak berpikir.

Kenyataannya, berpikir berlebihan juga dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Yuk intip fakta tentang overthinking.

Overthinking Akan Membuat Fungsi Otak dan Konektivitas Terganggu

Menurut dokter Lahargo Kembaren, Overthinking bisa membuat fungsi otak terganggu. Pasalnya, otak kita sudah didesain dengan banyak fungsi untuk berpikir.

“Karena ketika kita itu menghadapi suatu situasi atau keadaan tertentu, maka otak kita dengan berbagai fungsi dan strukturnya, itu berperan untuk berpikir,” ungkap dokter Lahargo Kembaren, seperti dilansir dari YouTube Kata Data pada 19 Oktober 2023.

“Contohnya kita punya bagian otak di bagian depan, itu adalah menganalisa peristiwa atau situasi ini, apakah itu hal yang berbahaya, mengancam atau hal yang negatif, kemudian ada bagian otak tengah yang kita sebut sebagai amigdala, itu adalah pusat emosi kita, ada juga bagian yang kecil yang kita sebut hippocampus itu adalah memori-memori yang kita miliki sebelumnya,” jelasnya.

Topik Terkait