img_title
Foto : Freepik

IntipSelebHari Santri adalah sebuah perayaan yang didedikasikan untuk menghormati peran serta sumbangan berharga yang diberikan oleh santri dalam perkembangan masyarakat dan peradaban Islam. Perayaan ini berasal dari peristiwa bersejarah yang berlangsung di Indonesia, yang kini menjadi titik fokus dalam memperingati Hari Santri.

Puncak acara peringatan Hari Santri 2023 secara resmi diselenggarakan pada 22 Oktober 2023. Perayaan hari nasional ini ternyata sudah dimeriahkan dengan serangkaian acara sejak tanggal 14 Oktober 2023.

Kini, jika kamu ingin merayakan Hari Santri, bisa dengan mengunggah dan menuliskan ucapan di bawah ini! Yuk, intip selengkapnya di sini!

Asal Muasal Hari Santri

Freepik
Foto : Freepik

Setiap tahun, pada tanggal 22 Oktober, kita memperingati 'Perang Surabaya’ yang terjadi pada tahun 1945, saat Indonesia berjuang untuk meraih kemerdekaannya dari penjajahan Belanda.

Waktu itu, santri-santri dari pesantren di Jawa Timur, yang sering disebut sebagai 'Santri Priyayi’, memegang peranan sangat penting dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia melawan pasukan pendudukan Belanda dan sekutunya. Peristiwa ini adalah contoh konkret dari bagaimana santri-santri ini memberikan kontribusi besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Hari Santri telah berkembang menjadi sebuah peristiwa yang lebih luas dan mencakup penghormatan terhadap semua santri di seluruh Indonesia. Hari ini, acara-acara spesial seperti ceramah, diskusi, dan kegiatan sosial sering diadakan untuk mengenang warisan dan nilai penting yang diusung oleh para santri dalam masyarakat. Pesantren-pesantren dan lembaga pendidikan Islam juga merayakan Hari Santri dengan beragam kegiatan dan acara yang ditujukan untuk para siswa dan masyarakat setempat.

Topik Terkait