img_title
Foto : Gaza./Mohammed Adeb/AFP via Getty Images

IntipSelebIsrael kembali melakukan serangan udara terhadap penduduk Gaza, Palestina, dengan menggunakan senjata berbahan fosfor putih, yang juga dikenal sebagai white phosphorus.

Laporan dari Human Rights Watch mengkonfirmasi penggunaan senjata ini dan menunjukkan bahwa penggunaan fosfor putih oleh Israel meningkatkan risiko cedera serius jangka panjang terhadap warga sipil di Gaza dan Lebanon.

Selain itu, tim medis Palestina melaporkan bahwa Israel mengarahkan serangan fosfor putih ke wilayah pelabuhan barat Gaza. Berikut ini penjelasan dan efek terhadap kesehatan dari penggunaan Fosfor putih, langsung intip yuk!

Fosfor Putih Dilarang PBB

Gaza./Mohammed Adeb/AFP via Getty Images
Foto : Gaza./Mohammed Adeb/AFP via Getty Images

Penting untuk diingat bahwa penggunaan fosfor putih telah dilarang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berdasarkan Resolusi PBB tahun 1972. Resolusi ini mengkategorikan senjata ini sebagai senjata yang sangat berbahaya.

Pada tahun 1980, anggota PBB juga sepakat dalam Protokol III Konvensi Pelarangan Penggunaan Senjata Konvensional Tertentu untuk melarang penggunaan fosfor putih dalam konflik sipil.\

Topik Terkait