img_title
Foto : Kalbemed

IntipSeleb – Artis Nafa Urbach menjadi sorotan usai diduga menggunakan obat keras di salah satu kafe di daerah Senopati, Jakarta Selatan. Melalui klarifikasinya, dia menyebutkan salah satu jenis obat yang sering dikonsumsi yaitu Neuralgin.

Apa itu Neuralgin? Apakah termasuk obat keras? Yuk intip penjelasannya di bawah ini.

Neuralgin Obat Nyeri

Kalbemed
Foto : Kalbemed

Sebagai informasi, dilansir dari website Alodokter, Neuralgin adalah obat yang digunakan untuk meredakan berbagai jenis nyeri, seperti nyeri sendi, saraf, sakit kepala, gigi, haid, dan pascaoperasi. Bentuknya berupa tablet dan mengandung bahan utama diclofenac atau methampyron yang masuk ke dalam kategori obat anti inflamasi non steroid (OAINS).

Sementara menurut informasi dari Hellosehat, beberapa jenis Neuralgin dalam bentuk tablet, seperti Neuralgin Rhema dan Neuralgin RX, memiliki kode registrasi DKL. Kode ini menunjukkan bahwa obat ini memiliki nama dagang dan termasuk ke dalam obat keras yang diproduksi di dalam negeri.

Pembeda utamanya terlihat pada kemasannya yang memiliki logo lingkaran berwarna merah dengan garis tepi dan huruf K berwarna hitam di tengah, menunjukkan bahwa obat tersebut termasuk dalam kategori obat keras. Oleh karena itu, penggunaannya memerlukan resep dokter.

Topik Terkait