img_title
Foto : Freepik.com

IntipSelebAsam folat menjadi perbincangan setelah Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka salah sebut menjadi asam sulfat. Hal ini membuat beberapa kalangan membahas tentang asam folat dan manfaatnya bagi ibu hamil.

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil. Yuk intip apa saja manfaat asam folat untuk ibu hamil yang dilansir IntipSeleb dari website Siloam Hospitals.

1. Membentuk Plasenta

freepik.com
Foto : freepik.com

Manfaat asam folat untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu optimalisasi pembentukan plasenta di dalam kandungan. Plasenta adalah lapisan yang terbentuk di dalam rahim selama masa kehamilan dan berfungsi mengalirkan oksigen serta nutrisi ke janin.

2. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Pexels/cottonbro
Foto : Pexels/cottonbro

Preeklamsia adalah kondisi ketika tekanan darah ibu hamil meningkat dan disertai dengan kelebihan kadar protein di dalam urine. Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti, terdapat dugaan bahwa preeklamsia dipicu oleh gangguan perkembangan plasenta. Untuk mengoptimalkan pembentukan plasenta dan menurunkan risiko preeklamsia, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat yang cukup terutama saat usia kandungan telah memasuki trimester kedua.

3. Mengoptimalkan Produksi Sel Darah Merah

www.freepik.com/drobotdean
Foto : www.freepik.com/drobotdean

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang diperlukan untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi asam folat yang memadai dapat mengurangi risiko terjadinya anemia pada ibu hamil yang dapat menjadi faktor pemicu kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, serta perdarahan pasca melahirkan.

4. Mencegah Cacat Tabung Saraf pada Janin

www.freepik.com/onlyyouqj
Foto : www.freepik.com/onlyyouqj

Kekurangan asam folat pada ibu hamil berisiko menyebabkan gangguan kesehatan pada janin, salah satunya adalah cacat tabung saraf, seperti spina bifida dan anensefali. Spina bifida merupakan kondisi yang ditandai dengan kelainan pada saraf tulang belakang. Spina bifida dapat meningkatkan risiko berbagai macam komplikasi pada bayi, seperti gangguan motorik, infeksi otak, hingga cacat permanen. Sementara itu, anensefali adalah kelainan yang terjadi ketika bayi lahir tanpa sebagian otak dan tulang tengkorak. Kondisi ini dapat berakibat fatal karena berisiko menyebabkan kematian pada bayi setelah dilahirkan.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Bawaan pada Janin

www.freepik.com/tirachardz
Foto : www.freepik.com/tirachardz

Selain cacat tabung saraf, kekurangan asam folat pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bawaan pada janin. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian sebagai upaya pencegahan kelainan bawaan pada janin.

6. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

freepik.com
Foto : freepik.com

Manfaat konsumsi asam folat saat hamil lainnya adalah dapat menurunkan risiko keguguran, yaitu kondisi ketika janin mati di dalam kandungan. Selain itu, konsumsi asam folat yang cukup juga dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan lainnya, seperti gangguan perkembangan janin dan kelahiran prematur.

Topik Terkait