img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb – Ramai aksi capres Gibran Rakabuming Raka yang salah sebut soal asam folat yang terkandung di ibu hamil malah menyebut asam sulfat hingga buat geger.

Pasalnya hal tersebut sangat berbeda kegunaanya. Lantas seperti apa penjelasanya dokter? berikut ini.

Asam Folat

freepik.com
Foto : freepik.com

Vitamin B9 atau yang kerap disebut asam folat merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk tubuh terutama kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil.

Pasalnya vitamin ini mampu memperkuat pembentukan sistem saraf janin, pembentukan plasenta, mencegah anemia, mencegah keguguran, hingga menurunkan risiko preeklamsia. Jika sebelumnya Gibran Rakabuming sempat mengeluarkan statment yang keliru soal asam sulfat dan asam folat bagi ibu hamil, begini manfaat sebenarnya yang dijabarkan oleh dr. Caessar Pronocitro di YouTube Kata Dokter.

Stunting yakni kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi saat di dalam kandungan atau dalam masa pertumbuhan anak. Penyebab stunting pada anak ini disebabkan karena kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama. Ciri-cirinya yakni berat badan yang sulit naik yang terjadi dalam tumbuh kembang anak.

Topik Terkait