img_title
Foto : Motherhoodindia.com

IntipSeleb – Pembahasan mengenai kebutuhan gizi ibu hamil tengah ramai jadi perbincangan di media sosial. Tepatnya setelah calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka salah menyebut kebutuhan asam folat pada ibu hamil menjadi asam sulfat.

Padahal, ada juga urgensi lain yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil apalagi saat usia kandungannya masih muda loh. Itu adalah masalah kadar gula darah. Yuk simak penjelasan dari Dokter Spesiali Obstreti dan Ginekologi berikut!

Mengenal Apa Itu Diabetes Gestasional

Dalam tayangan YouTube Kata Dokter, dr. Putra Ismaya SpOG., MKes. secara khusus menjelaskan alasan mengapa wanita hamil perlu memeriksakan kadar glukosanya sejak awal kehamilan. Hal ini karena ibu hamil sangat rentan dengan penyakit diabetes gestasional.

Diabetes gestasional adalah diabetes yang dialami ibu saat kehamilan. Penyakit ini perlu diwaspadai, tidak hanya oleh ibu dengan obesitas atau riwayat penyakit diabetes saja, tetapi juga ibu dengan berat badan normal.

Penyebab diabetes gestasional adalah kegagalan pankreas untuk memecah glukosa dikarenakan hormon kehamilan tersebut. Berikut beberapa faktor risiko diabetes gestasional:

Topik Terkait