img_title
Foto : Youtube/kata dokter

IntipSeleb – Kalian yang sering merasa super ngantuk di siang hari? Merasa ngantuk adalah hal yang normal dirasakan Ketika seseorang. Kurang tidur dan merasa lelah rupanya kantuk ini nggak semata-mata sering kita rasakan biasa saja tapi sampai ada gangguan sarafnya loh. Namanya adalah narkolepsi.

Orang dengan narkolepsi sering diserang rasa kantuk secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat di siang hari. Nah sobat yuk kenali lebih detail apa itu narkolepsi bersama dokter Andreas Prasadja dilansir dalam Youtube Kata Dokter pada Selasa, 5 Desember 2023. Yuk, intip artikel di bawah ini!

Apa Pengertian Narkolepsi?

Youtube/kata dokter
Foto : Youtube/kata dokter

Kita lihat sejarah ya jadi di tahun 50-an Bapak kedokteran tidur yang namanya Profesor William demand waktu itu ingin meneliti soal mimpi beliau. Psikiater dan tertarik sekali meneliti soal mimpi.

Nah dalam perjalanan merekam gelombang otak fungsi-fungsi tubuh pada saat tidur ya didapatkan lah pasien-pasien yang ngantuk-ngantukan. Ya walaupun tidurnya udah cukup tetap mengantuk.

“Nah, ditemukanlah waktu itu narkolepsi. Berjalannya waktu didapati loh ini kok pasien-pasien narkolepsi ternyata pada darah tinggi ya menderita hipertensi. Ketika diteliti lebih dalam, ternyata orang ngantuk kan dan hipertensi ini pada ngorok,” kata dr. Andreas dilansir dalam Youtube Kata Dokter pada Selasa, 5 Desember 2023.

Topik Terkait