img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSelebCromboloni jadi salah satu camilan viral yang banyak dicari sekarang ini. Cromboloni sendiri merupakan pastry Prancis varian dari croissant yang digabung dengan bomboloni.

Meski cromboloni sudah lama beredar, namun baru viral di Indonesia belakangan ini. Sebelum itu, beberapa pastry Prancis lainnya juga populer di Indonesia. Kira-kira apa saja? Yuk IntipSeleb sudah rangkum dari berbagai sumber!

1. Croissant

Food Republic
Foto : Food Republic

Sebelum turunannya viral, induk dari cromboloni yaitu croissant sudah lebih dulu dikenal masyarakat luas, bahkan yang awam dengan pastry.

Croissant adalah sejenis roti berlapis asal Prancis yang terkenal dengan bentuk melingkar dan lapisan-lapisan yang lembut dan berlubang. Dibuat dari adonan berbutter yang dilipat-lipat secara berulang, croissant memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

2. Macaron

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Selain croissant, banyak dari kita yang pasti tidak asing juga dengan macaron, sejenis kue kecil berbentuk bulat dengan permukaan halus dan cekung, terdiri dari dua bagian yang disatukan dengan ganache, buttercream, atau selai. Kue ini terbuat dari campuran tepung almond, gula halus, dan putih telur, yang memberikan tekstur ringan dan renyah saat digigit.

Keunikan dan keanggunan tampilan serta kelembutan rasanya membuat macaron menjadi hidangan kue yang sangat dihargai dalam seni kuliner dan menjadi favorit dalam kategori pastry.

3. Mille Feuille

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Mille Feuille, atau sering disebut Napoleon, adalah kue lapis tradisional Prancis yang terkenal dengan struktur berlapis-lapisnya. Nama "Mille Feuille" sendiri berarti "seribu lapis" dalam bahasa Prancis, mencerminkan jumlah lapisan tipis pada kue ini.

Kue ini umumnya terdiri dari tumpukan lembaran puff pastry yang dipanggang hingga berwarna keemasan dan renyah. Selain varian klasik, Mille Feuille sering diinovasi dengan tambahan buah-buahan segar, kacang, atau variasi krim untuk memberikan sentuhan rasa dan tekstur yang beragam.

4. Eclair

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Eclair adalah sejenis kue khas Prancis yang terdiri dari adonan kue sus yang dipanggang hingga berwarna keemasan dan diisi dengan krim atau custard lembut. Disebut eclair yang berarti kilat dalam bahasa Prancis, kue ini disebut demikian karena dikatakan dapat dimakan dengan cepat seperti kilat.

Di Indonesia, eclair telah menjadi bagian dari berbagai varian kue dan roti yang populer di berbagai toko roti dan kafe. Contohnya, eclair dengan variasi rasa lokal seperti pandan, kelapa, atau kopi.

5. Madeleine

Berbagi sumber
Foto : Berbagi sumber

Madeleine adalah sejenis kue kecil yang berasal dari Prancis, memiliki bentuk khas yang menyerupai kerang dengan permukaan cekung di satu sisi. Kue ini terbuat dari adonan cake yang lembut dengan tambahan mentega, telur, gula, dan tepung terigu.

Bagaimana, apa aja nih yang udah pernah kamu cobain? (bbi)

Topik Terkait